Rabu, 24 April 2024

60,6 Persen Guru Setuju Sekolah Dilaksanakan Januari 2021

Berita Terkait

batampos.co.id – Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) merilis hasil survei nasional terkait pembelajaran tatap muka (PTM) dengan total responden 320 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Di mana dari survei tersebut, 60,6 persen guru setuju sekolah kembali dibuka secara bertahap untuk PTM 2021.

’’60,6 persen guru dan kepala sekolah setuju sekolah dibuka secara bertahap mulai Januari 2021,’’ ujar Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim dalam telekonferensi pers, Kamis (3/12).

Kemudian, sebanyak 12,2 persen guru dan kepala sekolah ingin PTM mulai berjalan Juli 2021. Lalu, 27,2 persen lainnya ingin PTM dijalankan saat vaksin Covid-19 tersedia dan telah teruji aman digunakan. Mayoritas guru dan kepala sekolah memang menyatakan kesiapannya untuk PTM 2021. Akan tetapi, hal itu diikuti banyak catatan dari guru dan kepala sekolah.

’’Pemda dan Kemendikbud harus memastikan jaminan keselamatan, kesehatan, dan keamanan guru dalam menjalankan tugas,’’ imbuhnya.

Guru dan kepala sekolah juga akan meminta pertanggung jawaban pemerintah apabila terdapat kasus Covid-19 di sekolah. Artinya, guru jangan sampai menjadi kambing hitam akan terjadi klaster sekolah atau tidak boleh kriminalisasi guru.

’’Karena kewenangan ada pada pemda, maka para guru meminta pemda harus berhati-hati dan jangan gegabah membuka sekolah,’’ jelasnya.

Kata Satriwan, Kemendikbud, Kemenag serta pemda wajib memastikan betul, kesiapan sekolah satu per satu. Mulai dari apakah sekolah sudah benar-benar siap dengan protokol kesehatan, daftar periksa, SOP PTM, dan menjalankan budaya 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (*/jpg)

Update