batampos.co.id – Pemerintah pusat akan memberikan 600 ribu vaksin Covid-19 ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, saat memimpin rapat koordinasi perkembangan Covid-19, Rabu (16/12/2020).

“Pertemuan ini arahan dari Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi untuk update informasi perkembangan Covid-19 di Batam,” ujarnya.

Pada pertemuan tersebut, salah satu yang dibicarakan yaitu terkait rencana vaksinasi nasional pada akhir 2020 atau awal 2021 mendatang guna memutus penyebaran Covid-19.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, saat memimpin rapat koordinasi perkembangan Covid-19, Rabu (16/12/2020). oemerintah pusat akan emmberikan 600 ribu vaksin Covid-19 untuk Kota Batam. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Kota Batam lanjutnya diperkirakan akan mendapat jatah vaksin antara 500 ribu hingga 600 ribu dari sasaran sebanyak 800 ribu vaksin.

“Terkait ini, ke Dinkes saya tekankan untuk siapkan secara baik tenaga medis atau vaksinator sebanyak 449 orang. Mulai sekarang direkrut, dilatih sehingga ketika vaksin sudah sampai kita sudah siap,” katanya.

Sementara itu, kata dia, penanganan pasien di rumah sakit termasuk di RSUD Embung Fatimah Batam berjalan dengan baik.

Wakil Wali Kota menjelaskan, tren perkembangan Covid-19 pada Desember ini mengalami penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 81,5 persen sedangkan tingkat kematian 2,5 persen dibawah nasional yang mencapai 4 persen.

“Artinya kita menangani masih cukup baik, walaupun tadi dipertemuan saya ingin ada kerja yang lebih optimal lagi,” jelasnya.

“Termasuk kalau ada keterbatasan agar segera dikoordinasikan. Masyarakat juga kami harapkan partisipasi, Mari terapkan protokol kesehatan,” imbaunya.(*/esa)