batampos.co.id – Pendaftaran program relaksasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada peserta yang menunggak iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan segera berakhir.

Untuk itu bagi peserta yang ingin memanfaatkan program ini harus segera mendaftarkan diri.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Muryawan, mengatakan bahwa untuk dapat memanfaatkan program relaksasi iuran, peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu paling lambat tanggal 25 Desember nanti.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN, melalui Care Center  1500 400 atau melalui Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di kantor cabang.

“Memang bisa dilakukan di kantor cabang, namun belakangan ini peserta yang datang ke kantor cabang untuk melakukan pendaftaran relaksasi sangat meningkat. Untuk itu kami himbau peserta untuk dapat memanfaatkan kanal pendaftaran yang lain seperti Mobile JKN,” kata Muryawan.

Untuk mendaftar program relaksasi di aplikasi Mobile JKN caranya sangat mudah.

Peserta cukup mengunduh aplikasi Mobile JKN di appstore bagi pengguna iOS dan playstore bagi pengguna android.

Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Batam melayani masyarakat yang merupakan peserta JKN-KIS. Foto: BPJS Kesehatan untuk batampos.co.id

Setelah log in peserta bisa mengakses fitur relaksasi tunggakan, daftar relaksasi, kemudian akan muncul tunggakan peserta.

Setelah itu peserta akan diminta memasukkan jumlah bulan yang akan dibayarkan lalu muncul simulasi cicilan yang harus dibayarkan oleh peserta.

“Jangan lupa, peserta harus membayarkan iuran selama 6 bulan ditambah iuran bulan berjalan. Sisanya akan dicicil oleh peserta sampai akhir tahun 2021,” kata Muryawan.

Ia menambahkan, sampai dengan 4 Desember 2020 jumlah peserta JKN-KIS di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam yang sudah melakukan pendaftaran program relaksasi adalah sejumlah 2.152 peserta.

Dengan total peserta yang mendaftar melalui Mobile JKN sebanyak 935 peserta, melalui Care Center 1500 400 sebanyak 15 peserta dan 1.202 peserta melalui SIPP di kantor cabang.

Bedianto, salah satu peserta yang melakukan pendaftaran relaksasi di kantor cabang pada Rabu (16/12) mengatakan bahwa program ini sangat membantu peserta yang memiliki tunggakan iuran. Dengan membayar 7 bulan dan sisanya dicicil sampai akhir tahun depan.

“Program ini bagus banget ya, apalagi saya lihat banyak peserta yang datang ke kantor cabang untuk melakukan pendaftaran relaksasi,” kata Bedi.

Namun menurutnya, setelah berkonsultasi dengan petugas ia disarankan untuk melunasi tunggakan agar kemudian dapat dialihkan menjadi tanggungan perusahaan.

Peserta yang kini bekerja di salah satu radio di Kota Batam ini pun kemudian melunasi tunggakannya.

“Jadi saya memang pernah daftar mandiri, menunggak, lalu sekarang mau jadi tanggungan perusahaan. Tapi karena tidak bisa ya saya lunaskan saja,” kata Bedi.(*)