batampos.co.id – Sandiaga Uno terpilih masuk Kabinet Indonesia Maju. Presiden Jokowi lebih percaya pembenahan sektor Pariwistana dan Ekonomi Kreatif kepada Sandiaga Uno.

Setelah mantan pasanganya di pilpres 2019, Prabowo Subianto masuk kabinet Indonesia Maju dan menjadi Menteri Pertahanan (Menhan), Sandiaga Uno pun kini masuk menyusul menjadi Menparekraf.

Sandiaga Salahudin Uno lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru Riau. Dia merupakan bungsu dari dua bersaudara. Nama belakang Uno, diturunkan dari Ayahnya, Razif Halik Uno, yang merupakan putra asli Gorontalo. Sementara, ibu Sandi bernama Rachmini Rachman atau dikenal Mien R Uno.

Dia menikah dengan Noor Asiah Abdul Aziz dan dikaruniai tiga orang anak yakni Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno dan Sulaiman Saladdin Uno.

Sandiaga Uno adalah lulusan dari Wichita State University, Amerika Serkikat. Kemudian pada pada 2005–2008, Sandiaga Uno menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha. Dia merupakan pemilik PT Saritoga Investama Sedaya, yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Pada 2009, berdasarkan catatan Majalah Forbes, Sandiaga menjadi orang terkaya ke-29 di Indonesia. Dua tahun kemudian, tahun 2011, Forbes merilis Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 sebagai orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan Sandiaga Uno waktu itu mencapai US 660 juta dolar

Pada tahun 2017 nama Sandiaga Uno makin dilirik oleh publik setelah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan. Dia berhasil mengalahkan Basuki Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Tak sampai dua tahun duduk sebagi Wakil Gubernur DKI, Sandiaga ingin melanjutkan kariernya ke jenjang lebih tinggi dengan ikut Pilpres 2019 guna mendampingi Prabowo Subianto. Kala itu pasangan ini diusung oleh Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat.

Dia kala itu melawan Jokowi-Ma’ruf Amin di hajatan serentak lima tahunan tersebut. Namun setelah blusukan bersama dengan Prabowo Subianto nasib baik tidak memihak kepadanya. Karena dia dikalahkan oleh Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 silam.

Meski Pilpres 2019 telah selesai. Namun Sandiaga tetap mengurus program OKE OCE dan Rumah Siap Kerja hingga saat ini untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).(jpg)