Selasa, 23 April 2024

Bamsoet Terpilih Menjadi Ketua IMI Pusat, IMI Kepri Gelar Musprop 

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) terpilih menjadi Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat pada Musyawarah Nasional (Munas) yang dilaksanakan di Makasar, Minggu (20/12/2020).

Bamsoet menggantikan Sadikin Aksa yang memimpim IMI. Dari rilis yang diterima batampos.co.id, penetapan Bamsoet sebagai Ketua IMI Pusat ditandai dengan penyerahan pataka dari Pimpinan Sidang, James Sumendap yang merupakan Ketua IMI Sulawesi Utara.

Bamsoet lantas menyatakan tekad bulatnya menjadikan IMI lebih solid, mandiri, berdaya guna, dan berkelanjutan. Yang pasti, ia ingin IMI bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Kira-kira ada sekitar 7.398 klub otomotif yang merepresentasikan kurang lebih 110.000 road users di 34 provinsi tergabung dalam keluarga besar IMI. Dalam tataran organisasi, IMI memiliki 5.210 sport klub, 838 mobility klub, dan 1.350 sport and mobility klub. Karenanya IMI harus menyongsong era digitalisasi, baik dalam pengembangan klub maupun keanggotaan,” kata Bamsoet.

Bamsoet mengatakan, pentingnya olahraga otomotif sebagai industri dan hiburan yang mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial.

Setiap tahun lanjutnya, IMI harus mampu menggelar 680 kegiatan klub events, 510 kegiatan IMI Provinsi events, 189 kegiatan national championship, dan 32 kegiatan national series.

“Mengingat di skala internasional IMI berafiliasi kepada Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), karenanya setiap tahun IMI harus mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan motorsport berskala dunia. Minimal 4 kegiatan international series dan 4 kegiatan international championship. Salah satu peluang yang bisa diambil yakni FIA Electric and New Energy Championship,” tutur Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) ini menegaskan, IMI juga harus mendukung pemerintah dalam mengedukasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

IMI akan menggencarkan standarisasi tata cara berkendara berkelompok sebagai panduan komunitas otomotif dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

“IMI berkomitmen menjadikan kegiatan touring klub otomotif tak hanya sekadar sarana melepas lelah dan penat. Tapi juga harus memberikan nilai tambah ekonomi,” katanya.

“Antara lain dengan mempromosikan destinasi wisata yang dilalui selama touring, menjaga kelestarian lingkungan, dan memberikan bantuan sosial ke berbagai lapisan masyarakat,” tegas Bamsoet lagi.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bamsoet (kiri) berfoto bersama Ketua IMI Kepri, Usep RS. Foto: Usep untuk batampos.co.id

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga mendorong IMI bisa mewujudkan legalitas olahraga dan industri modifikasi otomotif, yang saat ini sedang berkembang di berbagai penjuru daerah.

Sehingga meningkatkan nilai tambah ekonomi UMKM di sektor otomotif sebagai salah satu penyelamat perekonomian dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

“Indonesia juga memiliki peluang besar dalam digital motorsport. IMI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga telah bekerja sama mengembangkan Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI). Trend perkembangan digital motorsport di dunia terus melesat. Bahkan telah masuk dalam salah satu cabang FIA, dan telah disertifikasi oleh FIA pada 2018. Karenanya, Indonesia tak boleh tertinggal,” tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengapresiasi berbagai capaian IMI dibawah kepemimpinan Sadikin Aksa selama periode 2016-2020.

Selain telah memajukan industri dan olahraga otomotif, IMI juga menjadi organisasi pertama yang memasukan paham kebangsaan Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Setelah terpilih Bamsoet dan formatur akan segera menentukan pengurus lengkap untuk bisa membantunya dalam menjalankan roda organisasi IMI ke depan.

Usep RS salah satu formatur mengatakan, kepengurusan IMI yang akan datang lebih dinamis. Serta akan mengakomodir yang berbasiskan kinerja dan prestasi.

Kemungkinan kata dia, sebagian masih mengakomodir kepengurusan di masa Sadikin Aksa. Namun terkait pemilihan Sekjen dan Bendahara menjadi kewenangan Ketua Umum terpilih.

“Tetapi untuk Roda Dua, Roda Empat, Mobility dipilih harus yang tepat diposisinya untuk menyemarakan olah raga tersebut di daerah, nasional dan international. Terutama untuk roda dua yg paling banyak peminatnya di setiap pengpop yang di masa Sadikin Aksa cukup bagus dan berprestasi,” jelasnya.

Ketua IMI Provinsi Kepri itu mengatakan, setelah tersusun kepengurusan IMI Pusat, maka IMI Kepri akan Segera mengajukan penyelenggaraan Musprop IMI Kepri ke V.

Pihaknya berharap kepada club-club yang terdaftar di IMI Kepri untuk segera berkordinasi dengan sekretariat IMI Kepri di Graha Pena Batam.

Usep mengatakan, tidak akan maju lagi sebagai Ketua IMI Kepri 2021-2024, dikarenakan saat ini menjabat Ketua Umum KONI Kepri.

Ia berharap nanti calon ketua IMI Kepri yang akan datang tetap menjalin komunikasi dengan intansi terkait dan merangkul semua komunitas otomotif di Kepri.

“Semoga pandemi Covid-19 akan segera berakhir sehingga kegiatan otomotif 2021 akan diselenggarakan lagi dengan normal,” jelasnya.

Karena lanjutnya, selama 2020 tidak ada kejuaraan. Padahal IMI Kepri dipercaya oleh IMI pusat untuk menyelnggarakan 4 Kejurnas dan satu Sumatra Motorprix.

“Ia berharap insan otomotif di Kepri sabar dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” tuturnya.(*/nto)

Update