batampos.co.id – Pandemi Covid-19 yang tak menunjukkan angka penurunan memaksa kita semua untuk lebih sering berada di rumah. Sehingga, banyak aktifitas pun dilakukan di rumah saja. Salah satunya adalah berolahraga, yang mana biasanya kamu main bola atau menontonnya di stadion, saat ini hanya bisa melihat skornya saja di SPBO. Untuk anda yang ingin olahraga di rumah, berikut rekomendasinya.

Ilustrasi olah raga Squat (Pixabay)

Beragam Kegiatan Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi;

1. Jumping Jack
Olahraga pertama yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengan melakukan jumping track. Kegiatan satu ini dapat menjadi salah satu hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk kesehatan seluruh tubuh. Pasalnya, dengan melakukan gerakan ini akan membantu untuk membuat jantung menjadi lebih kuat.

Tidak hanya itu saja, otot pun akan menjadi lebih kuat dengan kegiatan satu ini. Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari olahraga ini adalah mampu untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, dengan melakukan jumping jack secara teratur ternyata dapat membuat mood menjadi lebih baik.

Anda bisa melakukannya sembari menonton hasil pertandingan. Gerakannya pun cukup mudah, anda hanya perlu untuk berdiri dengan tegak. Kemudian pada kedua kaki bersatu dengan tangan yang berada di samping tubuh. Selanjutnya, anda bisa melompat hingga mengangkat tangan di atas kepala dan memisahkan kaki anda.

Lakukan gerakan ini sambil membalikkan badan dan kembali ke posisi yang semula. Kemudian, anda pun bisa melakukannya dengan lebih cepat agar lebih berkeringat. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap harinya. Hal tersebut tentu saja akan membantu anda untuk bisa bergerak dengan lebih teratur dan sehat.

2. Push Up
Push Up menjadi gerakan selanjutnya yang bisa anda lakukan selanjutnya. Selama di rumah, maka anda tentu saja tak bisa berenang, jogging atau pun pergi ke gym. Untuk itu, anda bisa melakukan gerakan push up sebagai penggantinya. Dapat dikatakan jika push up merupakan salah satu olahraga yang akan berfungsi sangat bagus untuk membuat daya tahan tubuh menjadi kuat.

Sembari memantau perkembangan live skor pertandingan bola, maka anda bisa melakukan push up. Selain dapat memperkuat daya tahan pada tubuh, gerakan ini juga kan membangun kekuatan dan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Kesehatan mental pun juga akan meningkat dengan melakukan gerakan ini.

3. Plank
Selanjutnya, anda juga bisa melakukan gerakan plank saat sedang berada di rumah. Tujuan olahraga satu ini adalah untuk meregangkan otot otot yang ada pada kaki. Selain itu, bagi anda yang memiliki tinggi badan kurang, maka dengan melakukan gerakan plank akan membuat tinggi badan menjadi bertambah.

Bahkan mampu untuk mengurangi rasa sakit pada punggung. Cara untuk melakukannya pun cukup mudah. Pertama anda bisa memposisikan tubuh sehingga nantinya lutut dan kedua tangan akan bertumpu pada lantai. Hal ini bertujuan agar tulang belakang menjadi lebih meregang. Kemudian, buatlah bahu menjadi lebih sejajar dan berada di atas tumpuan tangan.

Selanjutnya, regangkan tulang belakang tersebut dengan mengangkat kepala. Anda bisa menahan posisi ini dalam waktu satu menit. Hal tersebut bisa anda lakukan sembari memantau live skor dari pertandingan bola tim yang anda sukai. Untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, maka anda bisa melakukannya secara rutin dan teratur setiap harinya.

4. Squat
Squat menjadi kegiatan olahraga di rumah selanjutnya yang bisa anda lakukan. Melalui gerakan ini nantinya akan membantu bagian otot dan juga persendian tubuh yang ada di bagian bawah. Sehingga akan bisa membantu untuk membuat tinggi badan yang kamu miliki menjadi lebih meningkat.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu untuk berdiri dan pada kaki cukup dibuka selebar bahu. Selanjutnya, turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. Lakukan gerakan ini beberapa kali hingga tubuh anda mulai berkeringat. Ada baiknya jika melakukannya dengan rutin setiap harinya.

5. Peregangan Cobra
Anda juga bisa melakukan peregangan cobra sebagai salah satu gerakan ketika berada di rumah saja. Pasalnya, gerakan ini sangat cocok untuk berbagai macam penyakit. Diantaranya mampu untuk mengurangi stres pada otot punggung dan juga tulang belakang. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan gerakan satu ini.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu untuk tengkurap dan kaki lurus. Dan posisi tangan berada di samping bahu, tariklah secara perlahan lahan hingga bagian lengan lurus menopang tubuh. Namun kedua kaki tetap berada di lantai, tahan posisi ini dan lakukan beberapa kali. Sembari melakukannya, anda bisa melihat skor pertandingan bola tim anda di web spbo.

Gerakan tersebut sangat simpel dan bisa anda lakukan di rumah. Dengan munculnya virus corona sejak Maret lalu di Indonesia membuat banyak orang tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kegiatan olahraga. Sebab, anda tetap bisa untuk melakukannya di rumah dengan mudah.(jpg)