batampos.co.id – Kalangan pengusaha berharap banyak pada kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam, untuk pemulihan ekonomi pada 2021 mendatang.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk, mengatakan, roda penggerak pemulihan ekonomi berada di tiga tangan besar. ”Tiga motor penggerak, yakni BP Batam, Pemko Batam, dan kalangan pengusaha. Tiga unsur ini harus bersatu,” kata Jadi dalam forum diskusi Kadin Batam bertajuk Economic Outlook 2021 yang bertemakan Vaksin dan UU Cipta Kerja untuk Pemulihan Ekonomi di Club Golf Sukajadi, Selasa (22/12).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam diskusi itu, mengatakan, upaya pemulihan ekonomi Batam akan dimulai dengan kedatangan vaksin Covid-19 ke Batam.

”Setelah vaksin turun ke Batam, maka akan ada penyuntikan. Kami sudah diminta siapkan anggarannya kalau vaksin datang di Batam,” tuturnya dikutip Harian Batam Pos.

Vaksin akan datang dalam dua gelombang, yakni pada Januari dan Maret. ”Sambil menunggu vaksin datang, saya lepaskan semua biar ekonomi hidup. Tapi tetap saya pantau, agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan, khususnya dalam penggunaan masker,” jelasnya.

Ia juga tidak akan mengambil langkah sedrastis beberapa provinsi lain yang mewajibkan kunjungan harus membawa surat keterangan rapid test antigen dan PCR.

”Kalau saya buat, maka kunjungan akan turun. Saat ini saja, jumlah kunjungan di bandara sudah mencapai 4.000-an. Dulu sebelum Covid-19, sekitar 6000-an. Jadi ini perlahan-lahan mulai pulih,” ungkapnya.(*/jpg)