batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membangun bundaran di Jalan Hang Tuah tepatnya di simpang empat menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menjelaskan, pembangunan tersebut untuk menunjang arus lalu lintas dari dan ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam.


“Ini (pembangunan bundara,red) tidak ada lain untuk menyongsong para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang masuk ke Kota Batam,” ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Terlebih lanjutnya, apabila peraturan pelaksana Undang-Undang Cipta Kerja sudah ditetapkan dipastikan akan mendorong di semua sektor, mulai industri hingga pariwisata.

“Apabila nanti jumlah penumpang di Bandara lebih dari 6 ribu orang/bulan maka lalu lintas di sekitar Bandara akan macet. Maka supaya tidak macet kita akan siapkan bundaran di simpang empat itu (Jalan Hang Tuah,red),” jelasnya.

Pelebaran jalan yang dilakukan BP Batam di simpang empat Bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu lalu. Kini BP Batam berencana membangun bunara di simpang empat Bandara untuk mengurai kemacetan. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Dengan begitu lanjutnya saat berada di persimpangan kendaraan tidak perlu berhenti dan bisa terus berjalan dengan mengikuti alur bundaran.

“Jadi seluruh simpang nanti akan kita buka lengan jalan. Tidak ada lain ingin menghilangkan kemacetan,” tuturnya.

Terlebih kata dia, saat ini di kawasan Bandara sudah mulai dilakukan pembangunan masjid yang memiliki kubah unik berbentuk tanjak.

“Kalau masjid ini selesai, ini akan menjadi kunjungan wisata religi dan persimpangan pasti akan macet. Karena itu tidak ada kata lain, simpang itu harus kita buka,” tuturnya.

Pembangunan bundaran tersebut lanjutnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Saya sudah bicarakan dengan pak Dirman (Sudirman Saad, Deputi Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam,red),” jelasnya.(esa)