batampos.co.id – Jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam meningkat pada libur Natal dan Tahun Baru

Plt Direktur BUBU Hang Nadim dan TIK, Benny Syahroni, mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat di Bandara Hang Nadim mengalami kenaikan hingga lebih dari 1.400 penumpang pada Rabu (23/12/2020).

“Sehari sebelumnya (22/12/2020), jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 4.400 penumpang. Sedangkan pada Rabu (23/12/2020) telah mencapai lebih dari 5.800 penumpang, dengan total 79 penerbangan,” ujar Benny, Kamis (24/12/2020).

Benny mengatakan, guna mengantisipasi lonjakan dan memudahkan calon penumpang dalam memenuhi persyaratan administrasi untuk keberangkatan dengan pesawat udara, per hari ini, BP Batam telah menyuplai stok Rapid Test Antigen di BUBU Hang Nadim sebanyak 250 Test dan stok di laboratorium RSBP Batam 2.600 Test.

“Semuanya dalam keadaan siap untuk digunakan, bila terjadi peningkatan penumpang dalam beberapa waktu ke depan. Dan pelayanan ini akan kami lanjutkan hingga tanggal 4-8 Januari 2021 mendatang,” kata Benny.

Salah seorang penumpang melakukan rapid test antigen di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Penanggung jawab Layanan Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim, drg. Anni Maret, menjelaskan, alur pemeriksaan para calon penumpang diawali dengan mengisi data diri calon penumpang pada formulir pendaftaran.

Kemudian, calon penumpang menuju kasir untuk melakukan pembayaran.

“Tarif yang sudah kami berlakukan adalah tarif resmi dari Kementerian Kesehatan, yaitu Rp 275 ribu untuk untuk wilayah tujuan di luar Pulau Jawa,” ujarnya.

Setelah itu, calon penumpang menuju bilik pemeriksaan untuk dilakukan Rapid Test Antigen dengan mengambil sampel melalui hidung (nasofaring).

Selesainya, calon penumpang dapat langsung menuju ke lokasi pengambilan hasil.

“Kisaran waktu yang dibutuhkan dari swab nasofaring ke pengambilan hasil hanya 15-20 menit. Bila ditemukan antrean panjang di pengambilan hasil, hal tersebut biasanya dikarenakan harus dilakukan pemasukan data dan pengesahan dari dokter,” kata Anni.

Ia melanjutkan, pelayanan Rapid Test Antigen dan Antibodi di Bandara Hang Nadim Batam dimulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Pelaksanaan Rapid Antigen dan Antibodi Bandara Hang Nadim bekerjasama dengan RSBP Batam, mulai dari petugas pendaftaran, petugas kasir, analis hingga bagian administrasi yang mengeluarkan hasil laboratorium.

“Dari pelaksanaan Rapid Test Antigen dan Antibodi sejak tanggal 21-23 Desember 2020, terdapat 17 calon penumpang yang terkonfirmasi positif. Untuk itu, kami berikan edukasi agar melakukan tes swab PCR untuk hasil yang lebih akurat,” jelas Anni.

drg. Anni Maret,, menyatakan, tim medis juga akan mengarahkan calon penumpang yang terkonfirmasi positif ke pihak maskapai penerbangan guna me-refund tiket, dan data penumpang akan dilaporkan ke Tim Gerak Cepat (TGC) Penanggulangan Covid-19 Bandara dan TGC Batam guna proses lebih lanjut.

“Kami mengimbau kepada calon penumpang agar dapat melakukan Rapid Test Antigen sehari sebelum, atau minimal dua sampai tiga jam sebelum jadwal penerbangan,” tuturnya.

“Dan silahkan melakukan tes di fasilitas kesehatan yang dirujuk oleh pemerintah. Tentunya hal ini dilakukan untuk menambah kenyamanan calon penumpang dalam bepergian,” kata dia lagi.(*/esa)