batampos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, menjamin pelayanan kesehatan selama cuti bersama Natal dan Tahun Baru, tetap berjalan dengan baik.

Pelayanan publik yang menyangkut kebutuhan orang banyak tidak boleh terganggu, meskipun pegawai banyak yang cuti bersama.

”Cuti bersama sudah dievaluasi. Jadi, besok (hari ini, red) mulai libur dan masuk kerja kembali tanggal 28 Desember dan bertugas seperti biasa,” kata dia, Rabu (23/12/2020) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ia menyebutkan, sesuai Surat Edaran Wali Kota Batam Nomor
58 Tahun 2020, Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai cuti bersama tanggal 24 Desember, dan masuk kerja kembali 28-30 Desember.

Usai libur Akhir Tahun, ASN kembali aktif bekerja 4 Januari 2021 mendatang.

Warga berjalan di depan RSUD Embung Fatimah Batam di Batuaji, beberapa waktu lalu. Selama libur Natal dan Tahun Baru, layanan kesehatan di Kota Batam tetap buka, khususnya layanan IGD. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Pihaknya sudah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memastikan layanan kesehatan di puskesmas berjalan dengan baik dan tidak ada yang tutup sehingga menyulitkan masyarakat mendapatkan pengobatan.

“Nanti Dinkes yang atur itu. Walau yang dibuka hanya IGD, yang penting layanan tak terkendala,” ujarnya.

Selama cuti bersama, Pemerintah Kota Batam melarang ASN untuk berpergian ke luar daerah.

Hal ini untuk menekan penyebaran Covid-19 yang masih tinggi. ASN diminta untuk tetap berada di Kota Batam, kecuali ada keperluan mendesak.

Mengingat, situasi Covid-19 khususnya di Kota Batam yang saat ini masih meningkat, maka setiap pimpinan OPD agar melakukan pemantauan dan pengawasan sebelum dan sesudah pelaksanaan libur nasional dan cuti bersama, dan lebih selektif dalam memberikan cuti PNS yang dilaksanakan di luar Kota Batam.

“Kalau ada yang melanggar, beri tindakan hukuman disiplin secara tertulis dan segera dilaporkan kepada bagian kepegawaian,” tegasnya.(jpg)