batampos.co.id -Sandiaga Salahuddin Uno salah satu nama yang masuk jadi menteri saat pengumuman reshuffle kabinet Selasa lalu (22/12). Kemarin (23/12), Sandiaga Uno dilantik di Istana Negara, Jakarta, bersama lima menteri lainnya.

Penunjukan Sandiaga terbilang singkat. Sandiaga menyatakan, dirinya sedang berfokus pada pemulihan kesehatan setelah terpapar Covid-19. Dia menyempatkan diri membuka pesan-pesan dari kolega yang mendoakan kesembuhannya. Ternyata, di antara sekian banyak pesan itu, terselip satu nomor milik Pratikno tertanggal 18 Desember.


’’Singkat saja pesannya, yaitu Bismillah Mas,’’ ujar Sandiaga menirukan pesan tersebut. Sandiaga mengira itu adalah pesan yang sama seperti kolega yang mendoakan kesembuhannya. ’’Saya jawab, Bismillah Pak,’’ lanjutnya.

Sandiaga Uno ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menparekraf yang baru (Istimewa)

Setelah momen berbalas pesan dengan Pratikno, muncul pesan lainnya dari sejumlah kawan di kabinet. Di antaranya, Budi Gunawan dan Erick Thohir. Kala itu Sandiaga masih mengira pesan tersebut sama seperti sebelumnya. ’’Konfirmasi yang firm baru Senin dari Pak Pratik, mengabarkan kemungkinan diminta menghadap Senin sore atau Selasa,’’ tuturnya.

Kemudian, Selasa pagi dia menerima pemberitahuan untuk hadir pukul 15.00 dengan mengenakan baju putih. Dia belum diberi tahu akan ditunjuk sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penunjukan Sandiaga lantas menjadi bahan perbincangan luas. Erick Thohir, sahabat Sandiaga yang merupakan menteri BUMN, langsung mem-posting foto lawas yang diambil di Amerika Serikat pada 1989. Di foto itu ada Erick, Sandiaga, M. Lutfi, dan Nurasia Uno (istri Sandiaga). Mereka sama-sama kuliah di AS. ’’Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu pak @jokowi,’’ tulis Erick dalam keterangan fotonya.

Kemudian, kemarin Erick mem-posting foto terbaru mereka bertiga di kantornya, minus Nurasia. Sebagai gantinya, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ikut berfoto bersama mereka di posisi Nurasia.

Setelah pelantikan kemarin, tiap menteri memberikan keterangan. Sandiaga memaparkan tiga gagasan utama yang akan diterapkan di Kemenparekraf. Pertama, inovasi. ’’Satu tahun ini harus ada quick wins, perubahan yang mendasar saat kita berbenah terhadap lima destinasi superprioritas,’’ terangnya. Mulai busana, tarian, infrastruktur, hingga hal lain yang terkait dengan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Gagasan berikutnya adalah adaptasi terhadap pandemi Covid-19. Dimulai dengan penerapan standar CHSE (clean, health, safety, environment) untuk memastikan lokasi-lokasi wisata benar-benar aman dan nyaman dikunjungi.

Terakhir, kolaborasi dengan semua pihak. ’’(Ada) jutaan lapangan pekerjaan yang terdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,’’ lanjut politikus Partai Gerindra itu. Dia berjanji mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan di sektor tersebut agar mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya. (jpg)