batampos.co.id – Pandemi Covid-19 turut menambah beban kerja para dokter dan tenaga kesehatan lainnya di Indonesia. Tak sedikit dari mereka juga turut terpapar dan menjadi korban keganasan virus korona jenis baru tersebut.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat turut serta meringankan beban kerja dokter, perawat, petugas rumah sakit, petugas laboratorium, petugas klinik serta para tenaga kesehatan lainnya. Sebab kelompok tersebut selama pandemi tidak pernah libur dan terus bekerja demi memastikan keselamatan masyarakat.

“Maka dari itu, mari kita hargai kerja keras tenaga kesehatan dan berkomitmen untuk bekerja sama meringankan beban mereka,” ujar Wiku.

Untuk itu, masyarakat diminta tetap patuh pada disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) agar tidak tertular Covid-19. Dengan begitu, beban kerja tenaga kesehatan bisa berkurang.

Wiku mengatakan, keselamatan dokter dalam menangani pasien Covid-19 menjadi kepedulian besar bagi pemerintah. Satgas Penanganan Covid-19 berkomitmen memperjuangkan keselamatan dokter dengan membentuk tim khusus. Tim khusus yang terdiri dari gabungan para pakar, penggiat profesi kedokteran maupun bidang relawan kesehatan.

“Untuk memonitoring kualitas penanganan dokter yang terinfeksi dan hal pendukung yang dilakukan dalam proses perawatan,” pungkas Wiku.(jpg)