batampos.co.id – Jumlah penumpang di pelabuhan domestik Sekupang naik 45 persen dibandingkan hari biasa pada Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Kepala Pengelola Pelabuhan Donestik Sekupang, Sohirnadi mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Nataru sejak Oktober lalu.

Salah satunya adalah dengan memperbaiki semua fasilitas pendukung di pelabuhan.

“Jadi saat ini, untuk fasiliitas alhamdulillah sudah terpenuhi”, ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Sejumlah penumpang saat akan berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Jumlah penumpang di PDS melonjak 45 persen pada libur Nataru dibandingkan hari biasanya. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Ia menekankan, setiap penumpang yang akan berangkat melalui Pelabuhan Sekupang wajib memiliki surat rapid test dan surat kesehatan dari dokter.

“Kita wajibkan penumpang harus mempunyai surat rapid khusus yang rutenya ke luar kota, sedangkan rute seputar Kepulauan Riau boleh menggunakan Surat Kesehatan dari dokter,” jelasnya.

Kata dia, lonjakan penumpang sudah terlihat beberapa hari sebelumnya.

“Lonjakan penumpang sudah terlihat mulai hari ini (Kamis,red). Kalau besok (hari ini,red) tanggal 25 diperkirakan sepi, namun pada tanggal 27-28 akan mulai ramai penumpang”,tuturnya.

Ia juga menambahkan, rute yang paling dominan adalah tujuan Tanjung Balai Karimun,Tanjung Samak, Selat Panjang dan Buton.

“Untuk data penumpang, kenaikannya hanya sekitar 45% dari tahun sebelumnya,” jelasnya.(nto)