batampos.co.id – Dampak pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir merembet sampai ke Piala Dunia U-20. FIFA membatalkan pelaksanaan ajang yang seharusnya dituanrumahi Indonesia tahun depan itu.

Namun seperti dilansir situs FIFA, Piala Dunia U-20 akan dihelat lagi pada 2023 dan Indonesia tetap sebagai tuan rumah. Yang juga ikut dibatalkan Piala Dunia U-17 edisi 2021. Gelaran tersebut juga dibatalkan dan akan diadakan lagi pada 2023. Peru, seperti Indonesia, akan tetap sebagai tuan rumah.

”FIFA berterima kasih kepada federasi dan otoritas Indonesia dan Peru atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan. Kami tak sabar untuk terus melanjutkan kerja sama itu.” Demikian FIFA dalam rilisnya.

Sebelumnya, memang muncul kabar kurang sedap. Ada kabar soal FIFA yang akan memundurkan jadwal Piala Dunia U-20 di Indonesia. Hal itu tidak terlepas setelah beberapa event penunjang sudah resmi dimundurkan.

Misalnya, Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 yang seharusnya digelar pada 2020 digeser tahun depan. Selain itu, Piala Eropa U-19 malah dibatalkan. Padahal, Piala Eropa U-19 merupakan babak kualifikasi bagi tim dari Eropa untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Piala Dunia Putri U-20 dan U-17 yang rencana semula diselenggarakan di Kosta Rika dan Panama dimundurkan dan akan dimainkan Januari tahun depan. Namun, karena kondisi pandemi korona yang masih juga belum mereda di seluruh belahan dunia, FIFA memutuskan Piala Dunia Putri U-20 dijadwalkan ulang pada 2022.

Untuk Piala Dunia Putri U-17 di India yang sudah diumumkan diundur tahun depan, dengan alasan yang sama seperti Piala Dunia Putri U-20, FIFA akhirnya juga memutuskan membatalkan penyelenggaraannya dan menjadwalkan ulang pada 2022.

Situasi itulah yang kemudian memantik pertanyaan soal nasib Piala Dunia U-20 di Indonesia. Apalagi, kondisi pandemi korona di Indonesia belum juga reda.(jpg)