batampos.co.id – Menjelang akhir tahun, minat masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan mengalami kenaikan. Selain untuk berbelanja kebutuhan fashion, ritel food and beverage diminati.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur Sutandi Purnomosidi mengatakan, tren kunjungan ke mal menjelang akhir tahun ini meningkat cukup signifikan. “Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sudah kembali ke level 80 persen dari kondisi normal sebelum pandemi,” ujarnya.

Pada akhir tahun ini, ritel yang mengalami kenaikan penjualan terutama produk fashion. “Penjualan beberapa fashion yang home style seperti Uniqlo dan H&M malah sudah kembali normal sebagaimana angka penjualan pada Januari 2020 lalu,” urainya.

Bahkan, lanjut dia, dibandingkan bulan yang sama 2019 lalu, pada Oktober–November 2020 mengalami peningkatan sekitar 5 persen. Selain produk fashion, beberapa ritel food and beverage menunjukkan peningkatan penjualan. Bahkan, sudah kembali ke level 80 persen. Misalnya, Sushi Tei dan Gyukaku.

“Tapi, memang beberapa brand lain juga masih berupaya mendorong penjualan yang saat ini di kisaran 40–50 persen,” lanjut Sutandi yang juga menjabat direktur marketing Pakuwon Group.(jpg)