batampos.co.id – Pilkada Serentak 2020 diikuti sejumlah pasangan calon kepala daerah dari kalangan keluarga politisi dan pejabat. Ada yang menang dan ada yang kalah. Dua diantaranya yang menang adalah putra dan menantu Presiden Joko Widodo.

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sukses memenangkan Pilwali Kota Solo 2020. Dia sukses mengalahkan pasangan independen Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo).

Berdasarkan hitung cepat dari lembaga Survei Charta Politika yang data masuk sudah 100 persen. Hasilnya Gibran-Teguh Prakosa dinyatakan unggul 87,2 persen. Sementara pesaingnya Bagyo Wahyono-FX Supardjo mendapatkan 12,8 persen.

Adapun Gibran maju di Pilwali Solo ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Selain Gibran yang berhasil di Pilwali Solo, menantu Presiden Jokowi yakni Bobby Nasution juga berhasil menjadi pemenang di Pilkawali Kota Medan 2020.

Sementara, di Pilwali Kota Medan ini, Bobby Nasution berpasangan dengan kader Partai Gerindra Aulia Rahman. Pasangan ini diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, dan PSI.

Sementara lawan Bobby, yakni Akhyar Nasution-Salman Akfarisi diusung oleh Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Artinya dengan dukungan dari delapan partai-politik ini akhirnya mengantarkan Bobby Nasution-Aulia Rahman menang di Pilwali Solo.

Berdasarkan dari hitung cepat Survei Charta Politika yang sudah masuk data sebanyak 100 persen Bobby-Aulia Rahman mendapatkan 55.29 persen. Sementara Akhyar-Salman mengantongi 44.71 persen.

Selain Jokowi yang melakukan dinasti politik adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga melakukan sama di Pilwali Tangerang Selatan.

Seperti pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati keponakan Prabowo Subianto diusung oleh PDIP, Gerindra PAN, Hanura, Perindo, Nasdem, dan Partai Garuda. Sementara anak Ma’ruf Amin yakni pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung oleh PKS, dan PKB.

Namun sayang keponakan Prabowo Subianto dan anak Ma’ruf Amin ini tidak bisa menang di Pilwali Kota Tangerang Selatan. Mereka dikalahkan dengan dinasti politik dari Ratu Atut, yakni Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang diketahui hanya diusung Partai Golkar.

Dari hitung cepat lembaga survei Charta Politika dengan data sudah 100 persen masuk Benyamin-Pilar Saga memperoleh suara sebesar 40.26 persen. Sementara Muhamad-Rahayu mendapatkan 35.99 persen. Sedangkan pasangan Siti Nurazizah-Ruhamaben mendapatkan 23.76 persen suara.

Selain itu, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung juga melakukan dinasti politik dengan mencalonkan anaknya Hanindhito Himawan Pramana sebagai Bupati Kediri.

Pasangan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Maria Ulfa diusung oleh PDIP, PKB, Golkar, PAN, Demokrat, Nasdem, PKS, Gerindra, dan PPP.

Pasangan ini berdasarkan Charta Politika dengan suara 100 persen masuk mendapatkan 76.45 persen. Sementara lawannya yakni kotak kosong hanya meraih 23.55 persen.(jpg)