batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan survei dan pengecekan lapangan untuk menetapkan lokasi permakaman yang baru di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, pengecekan dipimpin langsung oleh Direktur Lahan BP Batam, Ilham Eka Hartawan.

“Sekarang (Direktur Lahan,red) sedang melakukan pengecekan di lapangan terkait gal tersebut (lokasi lahan permakaman yang baru,red),” ujarnya, Selasa (29/12/2020).

Namun dirinya belum dapat memberikan informasi di mana lokasi permakaman yang baru nantinya.

“Perkembangan selanjutnya akan kita infokan,” tuturnya.

Ilustrasi. Sejumlah warga berziarah di TPU Sei Temiang, Sekupang, beberapa waktu lalu. BP Batam saat ini sedang melakukan pengecekan lokasi permakaman yang baru di Kota Batam. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, penambahan lahan permakaman sangat penting. Mengingat beberapa permakaman yang ada saat ini sudah hampir penuh karena keterbatasan lahan.

“Kita sedang mencari lokasi baru, kalau sudah ada langsung diserahkan ke Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Selain itu kata dia, beberapa lokasi yang sudah diajukan dan belum mendapat legalitas akan terus diproses. Ia mengaku beberapa lokasi yang diajukan Pemko Batam berada di hutan lindung.

“Ini sudah dibahas dalam rapat dan kita ingin lahan permakaman baru segera tersedia,” kata Rudi.

Terkait, biaya pemakaman, Rudi pun akan membebankan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk proses, hingga ciri makam.

“Mau agama apapun kita akomodir dan ini sudah lama kita upayakan,” kata dia.(esa)