batampos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil meloloskan 5 penguji untuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Predikat “kompeten” untuk para penguji ini berdasarkan hasil Training of Trainer (TOT) yang dilaksakan PWI Pusat, 14 Desember 2020 lalu.


Kelima penguji itu yakni:

  1. Ramon Damora (mantan Ketua PWI Kepri)
  2. Candra Ibrahim (Ketua PWI Kepri)
  3. Novianto (Sekretaris PWI Kepri)
  4. Andi Gino (Bendahara PWI Kepri)
  5. Dedy Suwadha (Wakil Ketua PWI Kepri).

Kelimanya dinyatakan kompeten melalui keputusan yang dikeluarkan Panitia TOT PWI Pusat bernomor 1060/PWI-P/LXXII/2020 tertanggal 28-12-2020.

Sedangkan hasil ujian pada TOT itu dinilai dan diputuskan dalam Rapat Pengurus Pusat PWI pada tanggal 22 Desember 2020 lalu dan dihadiri Ketua Umum Atal S Depari, Sekjen Mirza Zulhadi, Ketua Bidang Pendidikan Nurjaman Mochtar, Komisi Kompetensi Wartawan, dan Direktur UKW Profesor Rajab Ritonga.

Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim, menyebutkan, keberhasilan meloloskan 100 persen dari 5 calon penguji dari PWI Kepri yang mengikuti TOT tahun ini, merupakan kado istimewa untuk PWI Kepri di penghujung tahun 2020.

Lima calon penguji UKW dari PWI Kepri dari kiri ke kanan: Novianto, Andi Gino, Chandra Ibrahim, Ramon Damora, Dedy Suwadha. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

“Prestasi ini juga menjadi pemicu semangat kami di PWI Kepri untuk terus melahirkan para wartawan yang kompeten di provinsi ini. Ini juga peluang untuk menambah jumlah wartawan profesional yang taat kepada UU Pers dan mampu berkarya untuk dunia pers dan umumnya untuk bangsa Indonesia,” ucap Candra, Rabu (30/12/2020).

Seperti pernah dijelaskan Direktur UKW PWI Pusat, Profesor Rajab Ritonga, TOT ini selain menguji calon penguji UKW, sekaligus untuk penyegaran terhadap mereka yang sudah berstatus penguji UKW maupun calon penguji yang pernah magang, seperti dipersyaratkan oleh PWI.

Untuk menjadi penguji penuh, selain harus lulus TOT, mereka juga diharuskan magang sebagai penguji pada UKW-UKW yang dilaksanakan di lingkungan PWI minimal tiga kali. Ramon Damora sendiri sudah lolos tahapan magang ini.

Sebelumnya, PWI Kepri sudah memiliki 2 penguji UKW, salah satunya Ramon Damora. Namun PWI Pusat kembali membuat TOT yang dimaksudnya untuk penyegaran rutin.

TOT terbaru tanggal 14 Desember 2020 lalu yang dilakukan melalui aplikasi zoom itu, diikuti oleh lebih kurang 150 wartawan senior se-Indonesia, dinyatakan kompeten 91 orang, 5 di antaranya dari PWI Kepri.

Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, menambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menggandeng instansi pemerintah dan swasta di Kepri untuk menyelenggarakan UKW.

Tujuannya, agar semakin banyak wartawan kompeten di Kepri, sehingga instansi pemerintah dan swasta itu akan terbantu oleh pemberitaan dari wartawan kompeten yang semakin baik kualitasnya.

“Sesuai tingkatan, wartawan kompeten dimulai dari jenjang muda, lalu madya, dan utama. Ketiga jenjang ini punya keahlian dan posisi jabatan berbeda di media. Misalnya, hanya wartawan utama yang boleh menjadi penanggung jawab atau pemimpin redaksi,” tegas Candra.(*)