batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam waktu dekat ini akan menerima vaksin Covid-19 secara bertahap. Tahap pertama diprioritaskan kepada tenaga kesehatan di daerah ini.

“Sementara ini pendistribusian vaksin Covid-19 di Anambas, sedang menunggu dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, PPKb, Anambas, Baban Subhan, kepada batampos.co.id, Rabu (30/12/2020).

Sementara itu, Pengelola Pengamatan Penyakit dan Imunisasi, Dinkes Anambas, Fitriyanti, mengutarakan pihaknya sebelumnya sudah melakukan pendataan terhadap penerima vaksin Covid-19 di wilayah ini, lalu dikirim kepada Komisi Penanggulangan Covid-19 Nasional (KPCN) yang akan merekap data itu semua.

“Jumlah tenaga kesehatan di Anambas ada 400 orang,” ucap Pengelola Pengamatan Penyakit dan Imunisasi, Fitriyanti, kepada batampos.co.id, Rabu (30/12/2020).

Tahapan penerima vaksin ini yaitu tenaga kesehatan, TNI-Polri, pelayanan publik kemudian masyarakat. Sekitar 25 ribu data masyarakat Kepulauan Anambas penerima vaksin Covid-19, menurut umur yakni 18 sampai dengan 59 tahun.

Namun dibawah 18 tahun dan di atas umur 59 tahun tidak dijadikan sasaran sebab kasus positif Covid-19 terbanyak ditemukan berusia 18 sampai dengan 59 tahun.

“Penerimaan vaksin itu direncanakan akhir bulan Januari atau awal Februari mulai pendistribusian vaksin ke provinsi seluruh Indonesia, namun untuk sampai di Anambas, belum diketahui pasti,” ujarnya.(fai)