batampos.co.id – Kuil Shaolin di Provinsi Henan, Tiongkok tengah, menandatangani perjanjian dengan universitas setempat untuk bersama-sama melatih para pelajar internasional untuk program sarjana, magister, dan doktoral dalam seni bela diri.

Menurut kesepakatan antara Shaolin Temple dan Universitas Henan pada Senin (28/12), kedua pihak akan menerima pelajar dari seluruh dunia untuk mengambil jurusan kung fu.

Para biarawan di Kuil Shaolin, Songshan, Provinsin Henan, Tiongkok menunjukkan kemampuan beladiri kungfu. (Xinhua)

’’Kerja sama tersebut akan memungkinkan para pecninta kungfu dari lebih banyak negara untuk belajar dan membantu mempromosikan budaya tradisional Tiongkok,’’ kata Shi Yongxin, kepala Shaolin Temple, seperti dikutip Antara dari Xinhua.

Tahun lalu, universitas yang berbasis di ibu kota Provinsi Zhengzhou tersebut mendirikan Wushu College, satu-satunya perguruan tinggi wushu atau kungfu yang didirikan oleh universitas komprehensif di Tiongkok sejauh ini.

Pada tahun yang sama, kesepakatan ditandatangani antara Shaolin Temple dan Universitas Henan untuk bersama-sama melatih para pelatih kung fu yang mengajar di luar negeri.

Sekitar 30 pelajar yang dipilih setiap tahun dari perguruan tinggi itu akan dikirim ke pusat budaya Shaolin Temple di luar negeri untuk mengajarkan kung fu setelah lulus, demikian menurut pihak universitas. (*/jpg)