batampos.co.id – Angin kencang yang kerap terjadi dan dapat merusak atap rumah serta sarana prasarana umum di Kota Batam bukanlah puting beliung.

Forecaster BMKG Batam, Fauzan Lathif, mengatakan, potensi angin kencang di Kota Batam tetap ada, namun bukan puting beliung.

“Untuk potensi angin kencang tetap ada. Namun bukan puting beliung, tetapi gusty, yaitu angin kencang berdurasi singkat yang kecepatannya naik mendadak mencapai 15KT (Knot,red) atau lebih dari kecepatan angin rata-ratanya,” katanya, Jumat (1/1/2021).

Ilustrasi hujan yang disertai angin kencang. Foto: Dokumentasi batampos.co.id

Fauzan menjelaskan, untuk angin rata-rata per jaman saat ini yang diamati sejak awal hujan sejak Jumat (1/1/2021) pagi, di Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam berkisar antara 11 sampai dengan 17KT.

“Sehingga apabila terjadi gusty, maka kecepatan angin tadi bisa mencapai 30KT atau lebih, dan angin ini lah yang dapat merusak atap, sarana prasaran umum, dan lain-lain,” jelasnya.

Menurutnya, adapun trend 2 jam ke depan secara umum curah hujan dan angin kencang sedikit menurun dari yang sebelumnya.

“Namun sebaiknya kita semua tetap waspada karena angin kencang gusty tadi berpotensi terjadi dalam skala lokal di wilayah Batam, Lingga, dan Bintan,” paparnya.(esa)