batampos.co.id – Program subsidi kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinilai efektif dalam mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk itu, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengharapkan program tersebut dapa berlanjut di 2021.

“Semoga tahun 2021 masih ada afirmasi khusus subsidi kuota ini,” terangnya dalam webinar, Kamis (31/12).

Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan bantuan kuota gratis akan sangat membantu peserta didik maupun tenaga pengajar. Dengan begitu, mulai dari siswa hingga dosen dapat lebih optimal dalam belajar.

Syaiful berharap perancangan subsidi kuota pada 2021 dapat dimulai. Hal ini lantaran Kemendikbud masih belum melakukan pembahasan terkait kelanjutan program di 2021.

“Belum ada pembahasan mungkin ya, mungkin masih butuh waktu terkait dengan ini. Sekali lagi semua langkah yang terkait meringankan kita akan terus apresiasi langkah dari Kemendikbud,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Intformasi (Kapusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie mengatakan, rencananya subsidi kuota gratis akan dilanjutkan pada 2021 setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi program tersebut.

“Bu Sri Mulyani juga minta bantuan kuota data ini diteruskan di 2021, kita lagi mikir-mikir, pak presiden juga mention itu sebagai langkah mitigasi yang baik dalam konteks pandemi,” tutur Hasan.

Andai benar akan dilaksanakan, pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki sistem penyalurannya. “Kita akan terus perbaiki. Kami sadar betul ada kelemahan dan ketidaksempurnaan akibat darurat pandemi, keterbatasan waktu dan kebenaran dari nomor ponsel itu,” pungkasnya.(jpg)