batampos.co.id – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyambut positif malam pergantian tahun 2020 ke 2021 yang berjalan lancar. Berdasarkan catatannya, momen tersebut dilalui dengam aman dan lancar di seluruh daerah.

Idham menilai tidak ada perayaan besar-besaran pada tahun ini. Kondisi ini sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah termasuk TNI-Polri yang membatasi aktivitas masyarakat karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

“Kami bersyukur perayaan malam tahun baru di tengah pandemi ini berjalan lancar. Upaya semua pihak untuk menghindari terjadinya perkumpulan massa dalam jumlah besar dapat dikendalikan dengan baik,” ujar Idham dalam keterangan tertulis, Jumat (1/1).

Idham memberikan apresiasi kepada masyarakat yang bijaksana melaksanakan imbauan dari pemerintah agar merayakan tahun baru di rumah saja. Langkah tersebut sangat membantu upaya pemerintah dalam menekan jumlah kasus Covid-19.

“Dengan di rumah saja minimal dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Menurut Idham, meski situasi aman dan kondusif namun personel Polri dan TNI tidak menurunkan kewaspadaan dalam menjaga kamtibmas. “Tetap waspada dan bertugas seperti biasa untuk menjaga keamanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Idham mengeluarkan Maklumat berisi imbauan protokol kesehatan (prokes) untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Maklumat tersebut bernomor Mak/ 4 /XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021. Maklumat dikeluarkan pada 23 Desember 2020.

“Ya, benar (Maklumat Kapolri). Tujuannya agar mencegah terjadinya penyebaran virus corona,” Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Kamis (24/12). (jpg)