batampos.co.id – Beberapa hal dapat membantu mengurangi bengkak atau lingkaran hitam seperti krim dan kompres air dingin. Tetapi tidak semua orang berhasil. Dalam laman Makeup, dokter kulit bersertifikat dr. Joshua Zeichner mengatakan jenis kantung mata ini dikenal sebagai retensi cairan.

Dengan kata lain, cairan yang menumpuk di sekitar mata dapat dipicu oleh berbagai faktor.

Penyebab paling umum adalah kurang tidur atau terlalu banyak stres. Untungnya, kantung mata dapat diperbaiki sehingga Anda dapat terlihat berwajah segar.

Dilansir dari Times Now News, Senin (4/1/2021), ada beberapa kiat untuk mengatasi masalah lingkaran hitam pada mata. Cukup dengan make-up atau dengan cara alami.

1. Krim mata

Salah satu cara umum untuk menyembunyikan bengkak di bawah mata adalah dengan mengoleskan krim mata. Namun, bukan yang memiliki zat kimia tetapi yang jauh lebih bernutrisi dan memiliki bahan seperti niacinamide, ekstrak akar manis. Sehingga membantu mengurangi produksi melanin pada kulit. Krim mata dapat membantu mengurangi tampilan sembab karena melembabkan kulit di sekitar mata.

2. Terapkan korektor warna

Saat merias wajah, meskipun memiliki warna alas bedak yang tepat, Anda mungkin tidak dapat memperbaiki mata yang gelap karena warna rona kulit menjadi berbeda. Untuk ini, Anda memerlukan korektor warna, sebaiknya gunakan warna oranye agar terlihat merata. Jika Anda seseorang yang memiliki warna kulit lebih cerah, maka pilihlah warna agak kuning. Oleskan alas bedak di atas korektor warna di bawah mata.

Ilustrasi. Cairan yang menumpuk di sekitar mata dapat dipicu oleh berbagai faktor. Penyebab paling umum adalah kurang tidur atau terlalu banyak stres. (Hindustan Times)

3. Highlighter

Selalu lakukan riasan mata setelah mengoleskan krim mata. Lalu tutupi dengan highlighter atau color corrector. Setelah ini, bisa menonjolkan dan mencerahkannya dengan menggunakan eyeliner putih atau nude pada garis air. Ini akan menyamarkannya dan membuatnya tampak lebih besar. Setelah itu, bisa mengaplikasikan eyeliner hitam untuk mempercantik tampilan.

4. Kantong teh

Kafein mengandung antioksidan kuat dan membantu meningkatkan aliran darah ke kulit Anda. Kafein juga merupakan pelindung terhadap sinar UV dan juga membantu memperlambat proses penuaan. Kantong teh hijau disebut-sebut memiliki efek anti-inflamasi pada kantung mata. Anda bisa meletakkan kantong teh hijau di lemari es dan mengoleskannya pada mata di pagi hari untuk mengurangi mata bengkak.

5. Kompres Air Dingin

Jika menginginkan cara alami menghilangkan bengkak pada mata, Anda bisa menyembunyikannya dengan kompres air dingin. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai bahan seperti mentimun dingin, es batu, lidah buaya beku dan lainnya. Anda bisa memotong potongan timun dan memasukkannya ke dalam lemari es dan meletakkannya di kelopak mata sebentar.(jpg)