batampos.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi telah membuka Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan, untuk dapat ikut mengikuti SNMPTN, para peserta harus memiliki akun di LTMPT. Di mana per hari ini, Senin (4/1) puku 15.00 WIB, pendaftaran akun LTMPT sudah dibuka sampai dengan 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

“Harus login ke laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah mulai tanggal 4 Januari 2021,” jelas dia dalam Peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2021 secara daring, Senin (4/1).

Namun sebelumnya, sekolah dipastikan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Naisonal (NPSN). Dengan ketentuan akreditasi A diberikan kuota sebesar 40 persen, lalu B sebesar 25 persen dan akreditasi C hanya 5 persen.

Setelah memiliki akun, sekolah harus melakukan registrasi akun LTMPT untuk para siswa kelas 12 melalui laman yang sama. Di mana sekolah akan menetapkan calon peserta yang memenuhi syarat untuk dapat ikut SNPMTN 2021, di mana penetapan ini akan dibuka pada 4 Januari sampai dengan 8 Februari 2021.

Setelahnya, sekolah perlu untuk melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS ini dimulai pada 11 Januari hingga 8 Februari 2021.

Siswa tentunya harus memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN. Lalu, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5.

Untuk pendaftaran SNMPTN 2021, para calon peserta dapat melakukannya mulai dari 15 sampai 24 Februari 2021. Dengan pendaftar paling banyak memilih dua PTN dan dua program studi.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan asal sekolahnya. Jika memilih satu program studi dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Bagi peserta yang mengambil program studi bidang seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil SNMPTN 2021 akan dilaksanakan pada 22 Maret. Terkait dengan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 2021 dapat melihatnya melalui laman PTN masing-masing peserta. “Pengumuman SNMPTN akan dilakukan pada tanggal 22 Maret 2021,” terang dia.

Untuk diketahui, layanan Masa Sanggah tentang kuota paling lambat pada Jumat, 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB. Apabila telah melewatinya, maka tidak bisa melakukan proses pembenaran kuota.

“Kami sangat berharap agar perbaikan data awal ini benar-benar dilakukan dan memanfaatkan waktu sampai dengan 15 Januari 2021 pukul 15.00 WIB, sanggah setelah itu tentu tidak akan kita tunggu, karena semua data sudah kita anggap baik dan kita lakukan proses,” pungkasnya.(jpg)