Rabu, 24 April 2024

Berat Badan Naik Usai Liburan? Atasi dengan 5 Pola Makan Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Selama libur Natal dan Tahun Baru setiap orang bisa kelebihan mengonsumsi kalori dalam sehari. Dari mulai pesta makan malam, hingga makan di restoran. Betapa terkejutnya ketika mengecek timbangan berat badan tiba-tiba melonjak pasca liburan.

Dalam penelitian di Amerika, Calorie Control Council menyebutkan setiap orang bisa mengonsumsi kalori mencapai 4.500 kkal sehari selama liburan. Artinya melebihi batas 2.000 kkal per hari secara normal.

Dilansir dariĀ Science Times, Selasa (5/1) berikut beberapa tips untuk menurunkan berat badan usai liburan dengan aman.

1. Minum air

Cukup minum air putih bermanfaat karena membantu perut terasa kenyang. Para ahli menyarankan bahwa minum air sebelum duduk untuk makan atau bahkan saat makan akan menambah volume sehingga membuat orang tersebut merasa kenyang.

2. Target Turunkan 10 Persen Berat Badan

Dalam menurunkan berat badan, tidak disarankan untuk menurunkan semua berat badan yang tidak diinginkan sekaligus. Para ahli menyarankan bahwa orang-orang harus mulai fokus pertama pada 10 persen. Selain itu, kehilangan 10 persen pertama dari tujuan penurunan berat badan menghasilkan peningkatan kesehatan terbesar karena lemak perut bisa hilang. Lemak perut dianggap sebagai lemak paling berbahaya di tubuh.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Konsumsi gula dapat membuat ketagihan dan dapat menyebabkan siklus mengidam. Selama tahun baru, insulin bisa melonjak dari makanan tinggi gula. Insulin berfungsi untuk menjaga gula darah tetap rendah. Akan lebih baik untuk berhenti makan makanan manis setelah liburan setidaknya selama 4 hingga 10 hari untuk mengurangi keinginan makanan manis. Gantilah dengan buah dan sayuran.

4. Makan Lebih Banyak Protein

Menurut penelitian, makan lebih banyak protein akan memperpanjang rasa kenyang karena lebih sulit dicerna yang menyebabkan lebih sedikit lonjakan insulin. Penelitian yang dilakukan di banyak negara Eropa menemukan bahwa mereka yang makan sarapan atau makan siang berprotein tinggi bisa mengurangi lapar. Selain itu, protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna. Utamakan protein rendah lemak seperti ayam, salmon, yogurt Yunani, atau dada ayam yang diiris tipis.

5. Hindari Makan Berlebihan

Melatih diri sendiri untuk fokus pada takaran makan yang pas akan membantu berat badan tetap stabil. (jpg)

Update