batampos.co.id – Pemerintah tengah mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar masa pandemi di Indonesia segera berakhir. Orang pertama yang akan disuntik vaksin ada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan dilakukan pada 13 Januari 2021 mendatang.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia (CII), Ferry Salanto mengatakan, perekonomian akan kembali bangkit jika efektivitas vaksin berhasil meredam kasus Covid-19. Otomatis bisnis mall dan hotel secepatnya akan bangkit kembali.

“Kalau terbukti efektif, pergerakan orang akan lebih normal lagi,” kata Ferry dalam briefing media secara virtual, Rabu (6/1).

Meski sudah memasuki era tatanan hidup baru atau New Normal, Mega Mall Batam Centre hingga saat ini masih sepi pengunjung. Footo: Dhiyanto/batampos.co.id

Ia mengaku tidak ingin memasang ekspektasi tinggi terhadap kondisi saat ini. Sebab, kunci percepatan pemulihan bisnis mal hingga hotel bergantung dari pengendalian kasus Covid-19 lantaran berkaitan erat dengan keramaian.

“Jadi baik sektor apapun kalau ekonominya tidak bergerak, maka juga tidak akan bergerak. Jadi saya juga tidak mau terlalu over optimis bahwa semester II-2021 akan ada perbaikan,” ungkapnya.

Selain itu, Ia menambahkan, pemulihan bisnis akibat Covid-19 juga bergantung dari implementasi aturan turunan Undang-undang (UU) Cipta Kerja yang masih terus dibuat.

“Kita tunggu di Februari terhadap UU Cipta Kerja ini juga akan berpengaruh terhadap properti,” tutupnya.(jpg)