batampos.co.id – Pengiriman vaksin tahap pertama sebanyak 13.000 dosis tiba di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Selasa (5/1). Untuk tahap kedua dengan jumlah 12.000 dosis dijadwalkan tiba pada 10 Januari 2021 mendatang.

“Kedatangan vaksin tahap awal ini menjadi semangat bagi Kepri. Harapan kita adalah, Kepri segera pulih dan aktivitas normal kembali,” ujar Gubernur Kepri, Isdianto, di Bandra Internasional Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang, kemarin.

“Selanjutnya kita menunggu instruksi pemerintah pusat. Ketika sudah ada perintah, segera kita sebar ke daerah. Sementara masih disimpan di Gedung Instalasi Farmasi, Dinkes Kepri,” jelasnya.

Gubernur Kepri Isdianto menyambut kedatangan 13.000 pcs Vaksin Covid-19 di ruang VIP Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Selasa (05/01). (foto:humaspemprov)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Moch Bisri, menambahkan, vaksin yang sudah tiba langsung ditempatkan di Gedung Instalasi Farmasi milik Dinkes Kepri di Jalan Kesehatan, Tanjungpinang. Di tempat itu, pihaknya telah menyediakan Coldroom (ruang pendingin) untuk menjaga kualitas vaksin tersebut tetap baik.

“Kita simpan di situ dulu sampai menunggu instruksi dari pusat bagaimana pelaksanaannya nanti,” ujarnya.

Menurut Bisri, 13 ribu dosis vaksin Covid-19 ini diperuntukkan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai prioritas, yang jumlahnya di Kepri sebanyak 15.661 orang.

Adapun sebarannya adalah, Kota Tanjungpinang 2.624, Kota Batam 4.272, Kabupaten Karimun 1.120, Kabupaten Bintan 1,444, Kabupaten Natuna 919, Kabupaten Lingga 843, dan Kabupaten Kepulauan Anambas 873.

Setelah tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi sasaran vaksinasi berikutnya. “Masing-masing penerima vaksin, akan menjalani dua kali vaksinasi. Semoga ini menjadi semangat baru, dan Kepri segera pulih dari Covid-19,” kata Bisri.

Untuk pengamanan pendistribusian vaksin akan dilakukan Polda Kepri. Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, mengatakan, pengawalan berlangsung sejak dari Tanjungpinang hingga disuntikkan ke para tenaga kesehatan di seluruh Kepri.

Ia mengatakan, Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman meninjau langsung pengamanan dan pengawalan vaksin tersebut. “Pengamanan dan pengawalan ini berdasarkan Surat Telegram dari Kapolri nomor, STR/1/I/OPS.2/2021 tanggal 3 Januari 2021, tentang pelaksanaan pendistribusian vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ia mengatakan, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 66 orang, yang terdiri dari 25 personel Satbrimob Polda Kepri beserta kendaraan taktisnya, empat personel Satantas Polres Tanjungpinang, 12 personel Lanud, 10 personel Kodim 0315, dan 15 personel Marinir. (*/jpg)