batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad, mengatakan, vaksin Covid-19 yang diterima untuk Batam akan disimpan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Batam, sembari menunggu pelaksanaan vaksinasi 13 Januari mendatang.

“Vaksinnya sudah datang. Namun, jumlahnya belum banyak. Kalau tidak salah angkanya 5 ribu vaksin. Jumlah ini digunakan untuk tahap pertama. Nanti akan dikirimkan tambahannya. Tergantung kebijakan pemeritah pusat,”
kata dia, Rabu (6/1/2021).

Amsakar berharap, Batam bisa menerima vaksin sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika tidak, pemerintah daerah akan membeli sendiri kekurangan vaksin tersebut.

Anggaran untuk pembelian akan diambil dari APBD tahun ini.

“Sementara ini, baru itu jumlah vaksin yang diterima. Kalau ada tambahan nanti akan digunakan untuk vaksinasi tahap kedua. Sekarang kita fokus dulu dan pastikan persiapan dan pelaksanaan
tahap pertama ini berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Gubernur Kepri Isdianto menyambut Vaksin Covid-19 yang baru tiba di Tanjungpinang,, Selasa (5/1/2021). (humaspemprov)

Tugas penting saat ini, lanjut Amsakar, mengedukasi masyarakat agar bisa sepaham dengan pemerintah. Vaksin ini bertujuan untuk menyehatkan.

Selama ini belum ada vaksin yang menyebabkan kematian.

“Vaksinasi ini sudah berjalan dari dulu, tidak ada masalah.
Mekanisme serta aturan sudah jelas. Sebelum divaksin penerima harus dicek dulu kesehatannya dan dipastikan tidak ada penyakit berat. Inilah tugas Dinkes nantinya,” bebernya.

Amsakar meminta kepada semua pihak agar membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

Jangan sampai ada informasi yang kontradiktif terkait vaksinasi ini.

“Vaksin itu baik, dan kita ingin masyarakat mau menerima untuk divaksinasi. Tujuannya agar penularan bisa kita tekan dan Batam kembali pulih secepatnya,” tambahnya.

Saat ini, Dinkes bersama tenaga medis lainnya juga tengah rapat untuk memastikan proses vaksinasi berjalan dengan baik tanpa kendala.

“Saya sudah tanya tadi sama Sekdis Kesehatan. Mereka sudah rapat dan nanti akan dilaporkan kepada saya dan pak wali,” tutupnya.(jpg)