batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Batam memprediksi hujan lebat akan terjadi di Batam pada Kamis (7/1). Hujan ini diperkirakan akan melanda seluruh wilayah di Batam. Adapun, area yang paling terdampak signifikan ada di Kecamatan Batam Kota, Bengkong, Seibeduk, Sekupang, dan Lubukbaja.

Sesuai prakiraan BMKG, hujan deras mulai terjadi Kamis (7/1) hingga Jumat (8/1). Selain itu, BMKG juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di Batam agar waspada.

”Potensi hujannya cukup tinggi,” kata Forecaster Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Fauzan Lathif, Rabu (6/1).

Ia mengatakan, tingginya potensi hujan ini, akibat adanya sirkulasi siklonik di wilayah Kalimantan Barat, daerah belokan angin, serta tingkat kelembaban udara lapisan atas yang relatif tinggi. Sehingga, mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepualaun Riau dan sekitarnya.

”Secara umum, kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan hingga hujan ringan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” ucapnya.

Ia mengatakan, selain hujan lebat, masyarakat diminta waspada terhadap potensi angin kencang serta petir. Kondisi ini, berlangsung mulai dari Kamis pagi hingga Jumat dini hari. ”Tetap waspada,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang beraktivitas di laut, diimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang, terutama di perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas.

”Paling tinggi di Anambas dan Natuna, mulai dari 1,25 hingga 4 meter,” ucapnya.

Fauzan mengingatkan, dengan kecepatan angin 15 knot serta tinggi gelombang 1,25 meter, dinilai berbahaya bagi perahu nelayan. Sedangkan, kecepatan angin lebih dari 16 knot, gelombang di atas 1,5 meter, bakal berbahaya bagi kapal tongkang.(*/jpg)