batampos.co.id – Ahli Gizi dari India, Pooja Banga, menjelaskan, diabetisi atau orang yang menderita diabets juga perlu snack atau camilan di sela-sela aktivitas mereka.

Dia membagikan beberapa pilihan snack sehat ramah diabetes yang diperkaya dengan protein, serat dan lemak sehat.

Dalam laman Healthline, Kamis (7/1/2021), Ahli Gizi Jillian Kubala dari New York juga menjelaskan, diet bergizi bagi diabetes sangat penting dan makanan tersebut harus cocok untuk penderita diabetes.

Yaitu makanan tinggi akan sayuran kaya serat, protein, dan lemak sehat.

Berikut 4 snack paling sehat untuk pasien diabetes:

1. Salad selai kacang apel

Apel memiliki vitamin B, C dan kalium sedangkan selai kacang mengandung magnesium, mangan dan vitamin E. Apel juga membantu melindungi sel pankreas dengan bantuan antioksidan polifenol di dalamnya. Oleh karena itu, jika membuat menu ini bisa menjadi kombo sehat yang baik untuk orang-orang dengan kadar gula darah tinggi. Campur kedua bahan ini dan bisa dijadikan snack sehat.

2. Telur rebus

Protein bermanfaat untuk mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes tipe2. Telur rebus juga membuat perut kenyang untuk waktu yang lebih lama yang juga mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung. Anda bisa mengomsumsi telur rebus dengan campuran salad sayuran untuk meningkatkan kandungan seratnya.

3. Sayuran rebus

Sayuran rebus adalah pilihan yang baik untuk mencegah seringnya rasa lapar bagi penderita diabetes. Pilih sayuran seperti wortel, paprika, bit, bayam, brokoli yang mengandung serat, vitamin dan mineral.

4. Snack bar energi buatan sendiri

Snack batangan harus mengandung tiga elemen utama seperti serat, protein, dan lemak sehat yang mengontrol kadar gula darah. Anda dapat dengan mudah membuat batangan ini di rumah. Misalnya dari bahan-bahan seperti oat, selai kacang, berbagai jenis biji-bijian, kacang-kacangan. Tidak perlu dipanggang.(jpg)