batampos.co.id – Sudah niat berhenti merokok tapi selalu gagal, jangan putus asa. Ayo dicoba lagi pada tahun ini, 2021 harus menjadi langkah yang baik. Resolusi berhenti merokok memang tak mudah dilaksanakan.

Jamie Hartmann-Boyce seorang Peneliti Senior, Dosen Departemen dan Wakil Direktur program DPhil Perawatan Kesehatan Berbasis Bukti, Pusat Kedokteran Berbasis Bukti, Universitas Oxford memberikan kiat untuk berhenti merokok dengan mudah. Tentunya berdasarkan studi ilmiah dan sains seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (7/1).

1. Konseling perilaku

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa dukungan untuk berhenti merokok membuat lebih mungkin untuk berhenti dan tetap berhenti daripada melakukannya sendiri. Konseling tentang cara berhenti merokok tersedia secara luas dari para profesional perawatan kesehatan. Bukti berkualitas dari lebih dari 300 penelitian di lebih dari 250 ribu orang menunjukkan bahwa menerima konseling berhenti merokok meningkatkan tingkat berhenti merokok dalam jangka panjang.

2. Dukungan jarak jauh

Ada banyak alasan terutama tahun ini saat pandemi. Kabar baiknya, penelitian belum menemukan perbedaan yang jelas antara efek dukungan yang diberikan secara tatap muka versus jarak jauh. Misalnya, konseling yang disampaikan melalui panggilan telepon atau video. Ada juga bukti yang berkembang bahwa dukungan berhenti merokok yang disampaikan melalui pesan teks dapat meningkatkan tingkat berhenti merokok.

3. Imbalan uang

Ada bukti baru yang berkualitas tinggi bahwa program memberi penghargaan kepada orang-orang yang berhasil berhenti merokok meningkatkan keberhasilan jangka panjang. Imbalan ini dapat berupa uang atau voucher untuk barang atau jasa. Program-program ini dapat ditawarkan oleh tempat kerja atau oleh orang terdekat. Cara ini menawarkan manfaat dari hasil positif langsung dari berhenti merokok.

4. Terapi penggantian nikotin

Telah digunakan dengan aman untuk membantu orang berhenti merokok selama beberapa dekade. Ini dapat diresepkan oleh ahli kesehatan, tetapi di banyak negara tersedia untuk dibeli tanpa resep dari toko bahan makanan dan apotek. Bukti menunjukkan bahwa menggunakan terapi ini meningkatkan peluang untuk berhenti. Bisa seperti permen karet, semprotan atau pelega tenggorokan.

5. Varenicline

Biasa dikenal dengan Champix atau Chantix, adalah obat untuk berhenti merokok yang bekerja dengan cara mengurangi kenikmatan yang dialami orang akibat merokok. Studi menunjukkan bahwa varenicline kira-kira melipatgandakan kemungkinan sukses berhenti dalam jangka panjang. Varenicline tersedia dengan resep dari penyedia layanan kesehatan atau dokter.

6. Rokok elektronik (atau e-rokok)

Sebuah tinjauan baru-baru ini mencakup 50 penelitian dan lebih dari 12 ribu peserta menemukan bahwa rokok elektrik nikotin mungkin memang membantu orang untuk berhenti merokok setidaknya selama enam bulan. Namun, peneliti masih membutuhkan lebih banyak bukti yang andal untuk yakin tentang efek rokok elektrik.

7. Menggabungkan pengobatan dan dukungan perilaku

Studi menunjukkan bahwa menggunakan dukungan perilaku, seperti konseling, dan obat-obatan, seperti terapi penggantian nikotin, meningkatkan tingkat berhenti lebih lama. Jadi, coba kombinasi beberapa metode di atas.

8. Kurangi

Jika Anda merasa tidak bisa berhenti, cobalah mengurangi kebiasaan merokok. Bukti menunjukkan bahwa jika Anda mengurangi seberapa banyak Anda merokok, kemungkinan besar Anda akan berhasil berhenti dalam jangka panjang.(jpg)