batampos.co.id – Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir (ABB) akhirnya menghirup udara bebas. Pagi ini, dia sudah meninggalkan Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Selanjutnya, Ba’asyir langsung menempuh perjalanan pulang ke kediamannya di Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Sudah dijemput, Alhamdulillah, sekitar jam 5.20-an,” kata Anak Ba’syir, Abdul Rahim Ba’asyir saat dikonfirmasi, Jumat (8/1).

Kabar itu pun dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti. Ba’astir dibebaskan usai seluruh kewajibannya dilaksanakan.

“ABB dibebaskan setelah melewati proses administrasi dan protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19, ABB telah dirapid test antigen dan hasilnya negatif,” kata Rika.

Ba’asyir diserahterimakan kepada pihak keluarga dan tim pengacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Para penjemput juga diharuskan membawa surat hasil tes swab Covid-19 yang menyatakan negatif.

“Perjalanan ABB menuju kediaman di Sukohardjo, selain didampingi keluarga dan tim pengacara, juga dilakukan pengawalan oleh Densus 88 dan BNPT. Kegiatan pembebasan berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Rika.

Sementara itu, berdasarkan foto yang beredar, Ba’asyir terlihat keluar dari lapas menggunakan pakaian koko putih, lengkap dengan peci berwarna sama. Sedangkan bagian bawahnya mengenakan sarung berwarna biru langit.

Keadaan Ba’asyir terlihat cukup sehat. Dia bahkan bisa berjalan sendiri meski ditopang oleh tongkat. Dia diantar pulang ke Sukoharjo menggunakan sebuah mobil ambulans. Selama proses pembebasan, personel Brimob Polri berpakaian lengkap terlihat melakukan penjagaan.(jpg)