batampos.co.id – Sebanyak 25 ribu dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan vaksin tersebut akan sampai di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri sebelum 13 Januari 2021.

“Hari ini (kemarin,red) kita mendapatkan tambahan 12 ribu dosis Vaksin Covid-19 yang dikirim dengan pesawat Garuda. Sehingga secara keseluruhan sudah ada 25 ribu dosis vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi, vaksin yang tersedia akan dibagi-bagi ke daerah mulai awal pekan depan,” ujar Gubernur menjawab pertanyaan media di Gedung Daerah, Tanjungpinang, kemarin,


Gubernur Kepri Isdianto menyambut Vaksin Covid-19 yang baru tiba di Tanjungpinang,, Selasa (5/1). (humaspemprov)

Menurut Gubernur, dirinya tak memenuhi syarat sebagai calon penerima vaksin Covid-19 karena masalah usia. Disebutkannya, sekarang usianya sudah 59 tahun. Karena itu berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, ia tidak termasuk dalam syarat penerima vaksin tersebut. Sehingga, pada saat pelaksanaan vaksin secara serentak bagi seluruh Gubernur di Indonesia ia diwakili.

“Saya akan diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri. Meskipun sebenarnya saya siap, jika nantinya kepala daerah tetap harus diwajibkan juga (divaksin,red),” tegas Gubernur.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah menambahkan, berdasarkan instruksi dari Pemerintah Pusat, pelaksanaan vaksin bagi seluruh gubernur dan unsur pimpinan FKPD Provinsi di Indonesia akan dilakukan pada Kamis (14/1) pekan depan.

Menurutnya, untuk di Provinsi Kepri sendiri rencananya akan dilaksanakan di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang.Kemudian baru pada tanggal 15 giliran bupati dan wali kota yang akan divaksin di daerahnya masing-masing. Sedangkan untuk tenaga kesehatan pelaksanannya di tempat kerja mereka masing-masing.

Lebih lanjut Arif menyampaikan, pada Senin (11/1) pekan depan, vaksin Covid-19 tersebut juga sudah mulai didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Dijelaskannya, untuk pendistribusiannya menggunakan pesawat dan juga kapal khusus yang sudah dilengkapi dengan pendingin.

“Kita targetkan 80 persen penduduk Provinsi Kepri mendapatkan program vaksinasi Covid-19 ini. Jika jatah kita sebanyak 1,4 juta masih kurang, nanti akan diajukan permintaan tambahan,” jelas Arif yang merupakan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri tersebut.(*/jpg)