batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menyurati pimpinan Kantor Pertamina Cabang Kepri terkait penyediaan premium di sejumlah SPBU di Batam.

Pihaknya meminta agar seluruh SPBU di Batam menyediakan premium sebelum dikeluarkannya kartu kendali pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis tersebut.

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, sudah melayangkan surat permintaan tersebut. Pihaknya pun tengah menunggu balasan surat tersebut.

”Saya menyurati pimpinannya langsung agar ada keputusan terkait permintaan kami. Karena selama ini, kami cukup kesulitan untuk koordinasi,” ujar Gustian, Senin (11/1/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Dikatakannya, hingga saat ini ada sekitar enam SPBU di

Batam yang belum menyediakan premium. Hal itu dinilai mengganggu program yang akan dijalankan.

Ilustrasi. Antrean kendaraan roda empat saat hendak mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di Kota Batam. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

”Karena pembelian premium akan menggunakan kartu kendali, sudah selayaknya seluruh SPBU di Batam menyediakan premium tanpa terkecuali,” jelasnya.

Menurut dia, program kartu kendali dilakukan agar penyaluran BBM jenis premium tepat sasaran.

Sebab, selama ini kuota premium sudah sangat mencukupi, namun di lapangan selalu kekurangan.

”Jadi, peruntukan premium dengan kartu kendali bisa terarah,” imbuh Gustian.

Disinggung kesiapan kartu kendali premium, ia mengaku sedang dalam proses.

Di antaranya, mempersiapkan sistem pembelian dengan kartu kendali dan syarat-syarat kendaraan yang bisa membeli premium.

”Kami juga tengah meminta data kendaraan ke Dispenda (Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah) Kepri. Jadi, tahu kuota kendaraan yang bisa mendapatkan premium,” tegas Gustian.(jpg)