batampos.co.id – Memasuki awal tahun 2021 yang masih berkutat dengan perpanjangan PSBB akibat belum redanya kurva penderita Covid-19, justru tercatat cuaca di beberapa wilayah di Indonesia terus menerus dilanda hujan yang menyebabkan genangan air maupun titik banjir. Pastinya hal ini membawa kekhawatiran bagi para pengemudi.

Mobil mogok di tengah jalan adalah ketakutan setiap pengemudi. Apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh. Hal ini memang sering kali terjadi jika ada masalah pada mesin mobil. Sebagai pengendara, alangkah baiknya mengetahui apa yang harus dilakukan saat mesin mobil mati seketika. Untuk itu, simak tips berikut ini:


Dorong Mobil ke Pinggir
Sebelum memulai pengecekan pada mesin, dorong mobil hingga ke tepi jalan. Ini penting untuk mengamankan kendaraan dan menjaga keselamatan bagi pengguna jalan. Anda juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan seperti tertabrak dari belakang.

Nyalakan Lampu Hazard
Nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya saat mobil mogok di tengah jalan khususnya di malam hari. Lampu ini akan memberikan isyarat bagi pengendara lain di belakang bahwa mobil Anda sedang bermasalah.

Pasang Segitiga Pengaman
Dalam kondisi lalu lintas padat, pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil dengan jarak minimal empat meter dari tempat mobil berhenti. Jika lalu lintas sedang ramai lancar, jarak antara segitiga pengaman dan kendaraan minimal sekitar 10 meter. Dengan adanya segitiga pengaman, pengguna jalan lainnya akan lebih berhati-hati saat melintas. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa segitiga pengaman di bagasi mobil.

Periksa Lampu Indikator Hingga Ban
Simbol-simbol pada lampu indikator pada mobil bisa memberitahukan penyebab mobil mogok. Misalnya, jika suhu radiator terlalu tinggi atau saat bahan bakar habis. Apabila masalah tidak ada pada indikator, lakukan pengecekan pada mobil mulai dari ban, radiator, hingga aki. Untuk ban bermasalah bisa diatasi dengan menggunakan ban cadangan.

Hubungi Jasa Derek
Segera hubungi jasa derek apabila kesulitan mengatasi mobil mogok sendiri. (*)