batampos.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan terjadi kenaikan kasus aktif positif Covid-19 sebanyak 30-40 persen.

Menurut Budi kenaikan kasus tersebut pasca adanya libur panjang. Seperti pada kenaikan kasus aktif menjadi 120.000 dari 50.000 pada awal November 2020. Kebutuhan tempat tidur rumah sakit adalah 30 persen dari jumlah kasus aktif. Sehingga, untuk hari ini dibutuhkan 36.000 tempat tidur rumah sakit.

’’Sekarang sudah naik ke 120.000 ribu dalam waktu dua bulan. Jadi kebutuhan naik dari 15.000 bed menjadi 36.000 bed itu menyebabkan kenapa terjadi banyak penuhnya tempat tidur Covid-19 dan orang tak dapat,’’ ujar Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (12/1).

Budi mengatakan saat ini pemerintah telah melakukan antisipasi rumah sakit yang penuh. Namun dia menduga puncaknya adalah pada pekan ketiga atau keempat Januari atau pekan pertama Februari. ’’Saya rasa akan kena minggu keempat Januari, bisa geser ke minggu ketiga bisa geser ke minggu pertama Februari,’’ katanya.

Budi mengatakan, angka positivity rate yang tinggi yaitu 30 persen perlu segera diantiasipasi. Seperti terus melakukan sosialiasi masyarakat untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

’’Ini kita butuh bantuan juga untuk membantu kita sama-sama merubah perilaku rakyat di sisi hulu,’’ tegasnya. (*/jpg)