batampos.co.id – Sebanyak 11.120 vaksin Covid-19 tiba di Kota Batam dan akan langsung di bawa ke tempat yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam.

Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi, menjelaskan, vaksin tersebut nantinya akan disimpan di Instalasi Farmasi Dinkes Kota Batam.

“Jumlahnya ada 11.120 pcs,” ujarnya kepada batampos.co.id, Rabu (13/1/2021).

Didi menjelaskan, instalasi farmasi Dinkes Kota Batam dapat menyimpan vaksin Covid-19 dalam jumlah besar.

Hanya saja, ia tidak merinci angka pasti jumlah vaksin yang dapat disimpan di ruangan tersebut.

“Instalasi Farmasi kita berupa ruangan chiller, jadi bisa (menyimpan,red) banyak,” jelasnya.

Gubernur Kepri Isdianto menyambut kedatangan 13.000 pcs Vaksin Covid-19 di ruang VIP Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Selasa (5/1/2021) lalu. (foto:humaspemprov)

Hari ini Kota Batam akan menerima vaksin Covid-19 yang dikirimkan oleh Pemprov Kepri melalui Pelabuhan Roro Tanjung Uban menuju Pelabuhan Telaga Punggur.

Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batam, Azril Apriansyah, mengatakan, vaksin Covid-19 tersebut akan tiba hari ini, Rabu (13/1/2021) siang.

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kota Batam akan dilaksanakan pada Kamis (14/1/2021) esok hari.

Sekda Kota Batam, Jefridin, mengatakan, lebih kurang 20 orang pejabat publik dan tokoh yang akan divaksinasi pada tahap awal.

“Kalau internal Pemko Batam dari wali kota, wakil wali kota, sekda hingga kepala dinas kesehatan,” ujarnya, Kamis (7/1/2021) lalu.

“Sementara perwakilan dari FKPD belum difinalkan nama-namanya, mungkin hari ini keputusannya. Tapi prinsipnya FKPD siap, termasuk tokoh juga,” katanya lagi.

Kata dia, sebelum divaksin, para calon penerima vaksin harus memenuhi kriteria, belum pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain 20 orang tersebut, untuk tenaga kesehatan selanjutnya akan divaksin dengan memenuhi kriteria yang berlaku.(*/esa)