batampos.co.id – Munculnya gejala gula darah tinggi yang terasa pada tubuh merupakan suatu kondisi yang harus dihindari. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengubah pola makannya menjadi lebih sehat agar bisa mencegah timbulnya kadar gula naik.

Biasanya, bagi penderita penyakit satu ini harus menghindari beberapa makanan tertentu. Untuk mengetahuinya, yuk simak pantangan penderita gula darah tinggi yang harus dihindari berikut ini.

Pantangan Yang Harus Dijauhi Penderita Diabetes

1. Nasi dan Makanan Berbahan Tepung Terigu

Dikutip batampos.co.id dari harapanrakyat.com, makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes ialah yang bersumber dari karbohidrat sederhana, seperti nasi, roti, pasta, dan lainnya. Pasalnya, karbohidrat sederhana ini paling cepat diserap oleh tubuh menjadi glukosa.

Hal inilah yang menyebabkan makanan dari kelompok tersebut cenderung untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Meskipun menjadi pantangan, namun masih bisa mengkonsumsinya asalkan tidak berlebihan. Jika tidak ingin kadar glukosa darah meningkat drastis, dapat pula mengganti sumber karbohidrat tersebut dengan produk yang aman untuk penderita diabetes, seperti jagung, ubi jalar atau nasi merah.

Apabila ingin mengkonsumsi roti, pilihan yang terbuat dari bahan gandum adalah yang terbaik.

2. Minuman Manis

Selain makanan dari karbohidrat sederhana, pantangan penderita gula darah tinggi juga harus menghindari beberapa minuman tertentu. Biasanya, jenis minuman yang harus dihindari ialah yang mengandung gula, baik itu buatan maupun alami.

Adapun minuman yang harus dihindari diantaranya yaitu soda, teh, dan sirup. Selain itu, minuman kemasan seperti kopi, jus, dan susu juga harus dijauhi.

Ilustrasi minuman ringan. (Shutterstock)

Minuman kemasan perlu dihindari karena biasanya mengandung banyak pemanis buatan, dimana tambahan tersebut digunakan untuk menambah cita rasa serta mengawetkan minuman.

Biasanya jenis gula yang terdapat dalam minuman kemasan ialah sukrosa, glukosa, maltosa, dekstrosa, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk menghindari asupan yang dapat menaikan kadar glukosa darah tersebut.

3. Buah Kering

Buah-buahan memang merupakan makanan yang sehat bagi penderita diabetes. Namun, apabila sudah diolah menjadi buah kering, kudapan tersebut menjadi pantangan penderita gula darah tinggi yang harus dihindari.

Pasalnya, dalam pengolahan buah kering hanya menyisakan kandungan gula alami saja, sedangkan sebagian besar kadar air dalam buah telah hilang selama proses pembuatannya.

Baca Juga: Konsumsi Buah dan Sayuran Dapat Kendalikan Diabetes

Selain itu, dalam proses pengeringan biasanya juga menghilangkan sebagian besar kandungan nutrisi buah, seperti vitamin dan mineral.

Bahkan terkadang ada pula produsen yang menambahkan gula buatan untuk menambah citarasa dari buah kering. Adanya penambahan gula tersebutlah yang membuat buah kering tidak aman untuk penderita diabetes.

4. Lemak Trans
Bagi penderita penyakit diabetes, sudah seharusnya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak trans, seperti kentang goreng, gorengan, keripik kemasan dan jenis lainnya.

Selain itu, kandungan lemak jahat ini juga dapat ditemukan pada selai, margarin, dan makanan yang diawetkan. Lemak jenuh memang tidak langsung berdampak pada peningkatan glukosa darah, namun akan berperan dalam memicu resistensi insulin.

Disamping itu, makanan yang menjadi pantangan penderita gula darah tinggi tersebut juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah serta dapat mengurangi kadar kolesterol baik.

Oleh sebab itu, penting bagi penderita diabetes untuk mematuhi larangan tersebut untuk mencegah kerusakan pembuluh darah yang diakibatkan oleh penyakit glukosa.

Banyak pantangan yang harus dipatuhi oleh penderita diabetes, dimana hal tersebut ditujukan untuk menjaga kadar glukosa darah tidak meningkat.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa makanan manis adalah salah satu pantangan penderita diabetes, namun sebenarnya seseorang dengan penyakit gula ini masih bisa mengkonsumsi kudapan manis asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan.(*)