batampos.co.id – Pemerintah Indonesia menginginkan adanya peningkatan inbound and outbound investasi dan perdagangan dengan negara-negara sahabat, termasuk dengan Bahamas.

Dubes RI untuk Havana, Nana Yuliana, menjelaskan, rencana itu untuk mendukung program diplomasi ekonomi sebagai salah satu pilar Presiden Joko Widodo.

“Dalam virtual meeting dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Bahamas, Elmer I.G. Lowe menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes RI Havana dan berharap kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dapat dilanjutkan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik,” katanya melalui rilis yang dikirimkan kepada batampos.co.id, Kamis (14/1/2021)

Kata dia, Elmer menuturkan potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia tidak hanya terbatas di sektor pariwisata yang merupakan sektor utama di Bahamas.

Dubes RI untuk Havana, Nana Yuliana saat melakukan virtual meeting dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Bahamas, Elmer I.G. Lowe. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Tapi juga potensi kerja sama finansial di bidang perbankan.

Ia menggarisbawahi bahwa salah satu visi dan misi program kerja KBRI Havana adalah mempromosikan pariwisata, perdagangan dan investasi, guna menyelaraskan rencana program diplomasi ekonomi Indonesia.

“Dalam rangka peningkatan exposure Indonesia di Bahamas, KBRI Havana berencana mempromosikan Indonesia dalam kerangka people to people connectivity, melalui Lembaga Pendidikan dan universitas,” ujar Nana.

Kata dia, mahasiswa merupakan future leader yang perlu dibekali pengetahuan dan pemahaman mengenai Indonesia dan Asia di Bahamas.

“Pertemuan dengan pemangku kepentingan di Bahamas harus secara intens dijalankan, baik secara langsung maupun secara virtual sehingga segala bentuk kerja sama yang diagendakan dapat direalisasikan secara optimal,” tutur Nana.(*)