batampos.co.id – Sebanyak 11.120 fial vaksin telah sampai di Batam melalui kapal roro dari Tanjungpinang, Rabu (13/1). Vaksin ini diperuntukkan bagi para pejabat dan Forkopimda serta tenaga kesehatan di Batam.

Kedatangan vaksin tersebut dikawal langsung Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Kota Batam, AKP Budi Hartono. “Vaksin Covid-19 saat ini sudah sampai di Kota Batam dalam keadaan lengkap dan baik,” terang AKP Budi, kemarin.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad, yang menjemput langsung vaksin tersebut di Pelabuhan Roro Telagapunggur. Ia mengatakan, vaksin diterima dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan menggunakan mobil khusus, yang suhunya diatur antara 2 hingga 8 derajat Celcius.

Dua mobil box pembawa vaksin ini langsung diantarkan ke Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan di Sekupang. Vaksin akan disimpan sementara sebelum didistribusikan untuk penyuntikan ke seluruh tenaga kesehatan di Batam.

Ia menyebutkan, ada 20 orang dari Forkopimda serta tokoh agama divaksinasi setelah sejumlah pejabat di Batam. “Untuk Forkopimda dan tokoh agama dijadwalkan Jumat (15/1), setelah itu lanjut ke seluruh tenaga kesehatan di Batam,” tuturnya.

Selain itu, Amsakar meminta tidak ada penolakan dari masyarakat untuk vaksinasi. Ia mengatakan, vaksin telah diuji oleh MUI dan BPOM. “MUI bilang halal, BPOM bilang aman. Jadi, jangan ada diskusi lagi, semuanya sudah oke,” ucapnya.

Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Batam, Asep Zaenal, mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang akan menjadi vaksinator Covid-19. Targetnya, sebanyak lima orang vaksinator untuk setiap puskesmas di Kota Batam.

“Kita sudah siapkan, saat ini baru dua orang di setiap puskesmas yang sudah selesai dilatih. Targetnya lima orang per puskesmas. Tanggal 21 ini kita akan latih tenaga kesehatan vaksinator lagi,” ujarnya.

Selain untuk wilayah Batam, tenaga kesehatan vaksinator juga sudah disiapkan untuk berbagai daerah di Indonesia.

“Untuk menyukseskan pemberikan vaksin yang baik dan aman, maka diperlukan tenaga vaksinator Covid-19 yang kompeten, Bapelkes Kemenkes RI Batam mendapat tugas bersama Bapelkes UPT Kemenkes lainnya untuk melaksanakan pelatihan vaksinator Covid-19,” tambah Asep. (*/jpg)