batampos.co.id – Pemko Tanjungpinang terima 5.880 vaksin dari Pemprov Kepri yang akan digunakan pada 15 Januari 2021 mendatang. Untuk tahap awal, vaksin diberikan kepada 10 orang dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), kemudian dilanjutkan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang sudah terdata pada Dinas Kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari mengatakan pada tahap pertama untuk 10 orang untuk FKPD terdiri dari Wali Kota Tanjungpinang, Sekda, Kepala Rumah Sakit dan tokoh masyarakat akan menjalani vaksinasi. ”Tahap pertama kita 10 orang terlebih dahulu, inshaallah, hari Jumat besok,” kata Teguh, Rabu (13/1).

Dijelaskan Teguh, Vaksinasi untuk pengendalian Covid-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjungpinang. Saat ini vaksin disimpan kotak pendinginnya di Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang Kota, sebanyak 5.880 atau setengah dari jumlah yang diminta.

”Tahap awal ini 50 persen dulu, sebenarnya kita butuh sekitar 12 ribu paket vaksin,” ujarnya.

Setelah vaksinasi untuk FKPD, Teguh menyebutkan vaksinasi akan dilanjutkan untuk Nakes yang merupakan petugas terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, setelah itu vaksinasi dilakukan kepada warga Tanjungpinang. ”Setelah vaksin pertama tanggal 15 Januari ini kita lanjut lagi untuk nakes,” sebutnya.

Nantinya Teguh menambah kan bagi yang sudah divaksin, nomor induk kependudukan yang bersangkutan akan tercatat pada aplikasi yang ada, sehingga semuanya terdata dengan baik. ”Bagi yang sudah, nanti namanya tercatat dari NIK pada aplikasi,” tambahnya.(jpg)