Kamis, 25 April 2024

Disnaker Batam Buka Pelatihan untuk Pencari Kerja

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam kembali menggelar pelatihan untuk pencari kerja (pencaker) dan peningkatan keahlian bagi tenaga kerja, awal tahun ini.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, anggaran pelatihan ini bersumber dari Dana Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) tahun 2020 lalu.

Menurutnya, pelatihan untuk pencaker ini difokuskan untuk pengembangan diri agar bisa membuka usaha sendiri.

”Ada pelatihan untuk barista (orang yang meracik minuman), menjahit, make up, salon, dan lainnya. Ada juga untuk mereka yang tertarik untuk belajar las, atau pelatihan lainnya yang dibutuhkan sektor industri di Batam,” jelasnya, Senin (18/1/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ilustrasi para pencaker. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Pandemi Covid-19, kata dia, membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Untuk itu, ada lebih dari 20 bidang pelatihan pencari kerja yang dibuka.

Pelatihan dasar ini diharapkan bisa menjadi modal awal bagi pencari kerja dalam memulai usaha, karena mencari pekerjaan masih sulit saat ini.

Menurut Rudi, pelatihan bagi pencaker akan mulai dibuka akhir bulan ini. Pelamar nanti bisa mengecek dan memenuhi  persyaratan yang diminta panitia.

”Kami berharap dengan ikut pelatihan, akan banyak wirausahawan yang muncul. Meskipun hanya skill (keahlian) awal, setidaknya ini bisa jadi modal bagi mereka,” imbuhnya.

Selain pelatihan bagi pencaker, Disnaker juga menggelar pelatihan untuk peningkatan keahlian bagi tenaga kerja. Ada 31 bidang pelatihan yang disediakan untuk sertifikasi keahlian ini.

Peningkatan keahlian ini bertujuan untuk menaikkan level atau jabatan tenaga kerja, dan otomatis akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan.(jpg)

Update