batampos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam membuka pelayanan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19. Donor plasma konvalesen ini, bertujuan untuk meningkatkan kesembuhan pasien terpapar Covid-19 dan persediaan plasma.

Wakil Ketua Bidang Usaha dan Dana PMI Kota Batam, Asmin Patros, mengatakan, layanan donor plasma konvalesen ini dibuka setelah PMI Pusat memberikan izin kepada PMI Kota Batam. Menurut dia, PMI Batam ditunjuk menjadi salah satu tempat yang membuka layanan donor plasma konvalesen ke 60-an.

”Hanya saja, yang donor ini baru sembuh dari Covid-19 yang rentang waktunya masih 14 hari. Kalau untuk detainya, silakan ke dr Novia. Tapi secara umum, PMI Batam berterima kasih ke PMI pusat atas penunjukan PMI Batam dalam layanan donor plasma konvalesen untuk didonorkan ke orang yang terkena Covid-19,” ujarnya.


Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Batam, dr Novia mengatakan, untuk donor plasma konvalesen ini, baru dibuka di PMI Batam. Untuk proses donor plasma konvalesen ini, sama seperti donor tromboferesis.

”Jika setelah diperiksa kadar antibodinya cukup, maka diminta keikhlasannya untuk mendonorkan plasma darahnya saja,” ujar dr Novia, Senin (18/1).

Dilanjutkannya, donor plasma konvalesen ini bertujuan meningkatkan kesembuhan pasien terpapar Covid-19 dan persediaan plasma. Nantinya, plasma konvalesen akan disalurkan kepada rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan.

”Saat ini kita lagi mencari pendonornya. Pendonornya belum dapat, karena banyak yang tidak lulus screening. Nanti kalau pendonornya sudah ada, saat kita mau ambil plasma konvalesen akan kita kabari,” imbuhnya. (*/jpg)