batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di laut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan laut Anambas agar tetap bersih dan indah.

“Sejatinya laut merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat, tentunya sangat penting untuk menjaganya agar tidak tercemar,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Risda Yani.

Lanjut kata dia, saat di musim utara di perairan Anambas, bisa terjadi penumpukan sampah di laut disebabkan terbawa angin kencang dan ombak tinggi di daerah ini.


“Namun di lihat dari fenomena yang ada, sampah itu bukan sampah kiriman, memang masyarakat masih membuang sampah di laut, hal ini yang perlu diperhatikan bersama agar lebih peduli soal sampah” ucapnya.

Sementara itu, Risda Yani, mengutarakan sebelumnya pihaknya telah melaksanakan sosialisasi persampahan sebagai upaya untuk meningkatkan dan menciptakan kesadaran masyarakat.

“Edukasi pengelolaan sampah juga disampaikan ke seluruh sekolah di Kabupaten Kepulauan Anambas, hal itu berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2018 bersama Forum Kabupaten Kota Sehat, Pemuda Pancasila, LSM, stakeholder, OPD serta Polres Kepulauan Anambas,” jelasnya.

“Pesan saya, sampah itu milik kita, sebagaimana kita memperlakukan milik kita, maka perlakukanlah sampah milik kita ditempatkan dengan baik pada tempatnya, kita kemas lalu kita pilah,” sebutnya. (fai)