batampos.co.id – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam diminta untuk mempercepat proses tender proyek tahun 2021 dan saat ini ada 98 proyek yang siap tender.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

“Seperti yang disampaikan Pak Wali (Muhammad Rudi,red), jangan ada uang kas yang mengendap. Harus disegerakan untuk belanja,” kata Amsakar, Rabu (20/1/2021).


Amsakar menjelaskan, saat memberikan arahan setiap OPD diminta untuk mempersiapkan dokumen proyek tender. Terutama pada triwulan pertama 2021.

Pihaknya berharap Februari semua tender sudah berjalan. Sehingga pada pertengahan Maret sudah ada pemenangnya. Dengan demikian diharapkan ekonomi masyarakat bisa berputar.

Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi (tengah) saat meninjau pembangunan ruas jalan dan jalur pesepeda di area Pasir Putih, Batam Center. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

“Kalau tidak salah ada sekitar 98 yang siap tender. Kita ingin pertengahan Maret sudah ada menang,’ katanya.

Begitu juga dengan Belanja Tidak Terduga (BTT), untuk penanggulangan bencana yang terjadi beberapa pekan lalu.

Pihaknya juga meminta agar segera dibentuk Pokja supaya anggaran ini bisa segera dicairkan.

Ia menjelaskan, tahun ini Pemko Batam menganggarkan sekitar Rp 75 miliar untuk bantuan sembako gratis.

“Saya minta Pak Sekda bersama Keuangan, Hukum dan Dinsos segera menyiapkan proses tendernya. Supaya akhir Februari atau awal Maret sudah bisa dibagikan untuk masyarakat,” paparnya.(*/esa)