batampos.co.id – Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini, Rabu 20 Januari 2021 akan menjadi uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon tunggal Kapolri di Komisi III DPR RI.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin meyakini, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan melewati fit and propert test ini dengan mulus. Pasalnya sejauh ini, tidak ada suara-suara penolakan terhada Sigit dari fraksi-fraksi di DPR.

“Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR RI hingga nanti menjadi Kapolri baru,” ujar Ujang Komarudin kepada wartawan, Rabu (20/1).


Namun menurut Ujang, sebagai Kapolri baru, Komjen Listyo akan menghadapi beberapa tantangan. Listyo Sigit Prabowo akan menghadapi tantangan dari internal Polri dan juga pihak eksternal.

“Tantangan pertama datang dari internal. Internal kepolisian harus diperbaiki dan direformasi. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi saya melihat banyak friksi, banyak office politiknya, banyak intrik politiknya,” katanya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) mengatakan, tantangan internal ini harus diselesaikan secara smooth dan elegan. Terlebih menurut Ujang, Komjen Listyo Sigit Prabowo melewati banyak jenderal senior di internal Polri.

“Ini harus diselesaikan dengan elegan. Agar persaingan antar angkatan di internal Polri tidak terjadi,” tambahnya.

Tantangan berikut menurut Ujang datang dari eksternal. Sejumlah persoalan kebangsaan menanti untuk diselesaikan oleh Kapolri baru mulai dari persoalan keamanan, penegakan hukum yang banyak mendapat sorotan, ekstrimisme dan terorisme, pelanggaran HAM, korupsi dan lain-lain.

“Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih,” pungkasnya.(jpg)