Jumat, 19 April 2024

Calon Kapolri Ingin Polantas Tidak Lagi Melakukan Tilang

Berita Terkait

batampos.co.id – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, mulai menjalani fit and proper test di Komisi III DPR.

Dalam paparannya di uji kepatutan di Senayan itu Listyo yang akan menggantikan Idham Azis karena sudah masuk waktu pensiun akhir Januri ini mengatakan, polisi akan mengandalkan tilang elektronik kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Khusus di bidang lalu lintas penindakan pelanggaran lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut dengan E-TLE (eletronic traffic lawa enforcement-Red),” ujar Listyo di Gedun DPR, Jakarta, Rabu (20/1).

Sehingga nantinya para polisi lalu lintas saat turun ke lapangan mengurai arus kemacetan tidak lagi melakukan penilangan. Semuanya dilakukan dengan tilang berbasis elektronik.

“Ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang,” katanya.

Oleh sebab itu, Kepala Bareskrim Polri ini berharap tindakan tanpa melakukan tilang fisik ini bisa memberikan kepercayaan masyarakat terhadap instansi kepolisian ini.

“Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota-anggota kita di lalu lintas,” pungkasnya.(jpg)

Update