Kamis, 25 April 2024

Takut Gelombang Pasang, Puluhan Keluarga di Batumerah Mengungsi

Berita Terkait

batampos.co.id – Angin kencang yang melanda Batam dalam beberapa hari ini, membuat puluhan keluarga yang tinggal di pesisir pantai di Batumerah, Batuampar, mengungsi. Rata-rata, masyarakat di kawasan tersebut pilih menumpang di rumah keluarganya yang jauh dari pesisir pantai.

”Mereka takut terjadi gelombang pasang, karena angin terasa sangat kencang di sini,” ujar Ketua RW 05 Batumerah, Abdul Halim, Selasa (19/1).

Untuk warga yang mengungsi, tercatat sebanyak 33 KK. Mereka tersebar di RW 05, 02, dan 01, serta RT 03, 05, 06, 07, 18, dan 17. ”Kita sempat sediakan posko pengungsian, tetapi mereka tidak mau dan memilih tinggal di rumah saudaranya,” katanya.

Abdul menjelaskan, warga yang mengungi tersebut sudah menyelamatkan barang-barang, seperti elektronik, pakaian, dan kasur. ”Kadang mereka sekali-sekali datang untuk melihat situasi dan rumahnya,” ungkapnya.

Abdul menambahkan, sebelumnya sebanyak 8 rumah warga roboh akibat gelombang pasang, dan 13 rusak berat. ”Beberapa rumah sudah diperbaiki warga. Ada juga bantuan yang diterima,” katanya.

Dengan angin kencang yang melanda, Abdul mengimbau semua masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai untuk waspada. Sebab, diperkirakan cuaca tersebut akan melanda hingga akhir Januari nanti.

”Ini angin utara, dan biasa kalau mau Imlek terjadi. Untuk warga Batumerah, saya sudah langsung turun melakukan imbauan agar berhati-hati, dan kami selalu waspada pada malam hari,” tutupnya. (*/jpg)

Update