Jumat, 29 Maret 2024

Indonesia-Kuba Saling Dukung Dalam Fora Internasional

Berita Terkait

batampos.co.id – Komitmen Indonesia dan Kuba dalam fora internasional melalui usaha saling dukung di dalam pencalonan di berbagai organisasi internasional telah berlangsung sejak lama.

Duta Besar RI, Nana Yuliana dalam pertemuan dengan Mirta Granda Avechoff, Direktur Politik Multilateral, Kementerian Luar Negeri Kuba mengapresiasi dukungan Kuba terhadap Indonesia.

Selama kurun tahun 2018 sampai dengan akhir tahun 2020, Kuba telah memberikan dukungannya di dalam berbagai pencalonan Indonesia di fora internasional.

Yakni anggota tidak tetap DK PBB, anggota Dewan HAM maupun anggota ECOSOC.

Dubes RI, Nana Yuliana dengan Mirta Granda Avechoff, Direktur Politik Multilateral, Kementerian Luar Negeri Kuba. Foto: Istimewa unutk batampos.co.id

“Indonesia di sisi lain juga akan terus menegaskan posisinya di dalam mendukung Kuba untuk mencabut embargo ekonomi yang telah dirasakan selama 60 tahun,” ujar Nana.

Direktur Politik Multilateral, Kementerian Luar Negeri Kuba, Mirta Granda Avechoff, menegaskan, Kuba akan terus memberikan dukungannya kepada Indonesia di dalam pencalonan keanggotaan di berbagai organisasi internasional di masa mendatang.

Karena Indonesia kata dia, tidak pernah melupakan dan sangat konsisten di dalam pemberian dukungan terhadap Kuba.

Kedekatan historis dan persahabatan antara Indonesia dengan Kuba yang telah terjalin selama 61 tahun lamanya menjadi dasar komitmen dan kepercayaan antar kedua negara di dalam meningkatan dan melanjutkan kerja sama tidak hanya dalam tataran bilateral.

Namun juga dalam tataran multilateral, sebagaimana ditegaskan oleh Rizki, Fungsi Politik KBRI Havana.

Indonesia–Kuba akan merayakan peringatan ke-61 hubungan diplomatik pada 22 Januari 2021 dan kedua negara terus berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.(*)

Update